Ini 4 Cara Mudah Hindari Malware Berbahaya di Android

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 4 Cara Mudah Hindari Malware Berbahaya di Android
ilustrasi

PortalMadura.Com – Malware saat ini tidak hanya menjangkit perangkat PC saja. Pasalnya, perangkat mobile seperti handphone dan tablet juga banyak diserang oleh parasit ini, terutama . Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang banyak menjadi target serangan malware tersebut.

Smartphone Android bisa terjangkit malware yang secara tidak sengaja ketika Anda mengunduh aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas. Bahkan tanpa sepengetahuan Anda, malware yang tertanam di smartphone akhirnya memberikan akses tanpa batas kepada pembuatnya untuk mengeksploitasi perangkat Anda.

Lantas, bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut?.

Berikut empat cara menganstisipasi smartphone Android dari serangan malware :

Perhatikan Akses Permission Aplikasi
Hanya karena diunduh dari Google Play Store bukan berarti aplikasi tersebut aman dari malware atau . Karena mudahnya ‘memajang' hasil karya aplikasi di Google Play Store, tidak sedikit pengembang aplikasi nakal memanfaatkan hal tersebut dengan menanamkan malware dan spyware.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus teliti saat memberikan access permission saat menginstal aplikasi. Jika terdapat permintaan izin ke tool yang mencurigakan, ada baiknya Anda tidak meneruskan proses instal aplikasi tersebut.

Update Versi Antivirus Terkini
Memasang antivirus di perangkat Android merupakan hal terpenting lainnya yang wajib Anda lakukan. Perlu diingat, untuk selalu menggunakan antivirus yang meluncurkan update secara berkala.

Dengan ribuan aplikasi antivirus yang ada di Google Play Store, maka yang paling tepat untuk Anda?. Pilihan terbaik adalah untuk selalu menggunakan antivirus buatan vendor ternama seperti AVG, Avast, Norton, atau Kaspersky.

Jangan coba-coba untuk mengunduh aplikasi antivirus gratisan, selain rentan masalah, aplikasi tersebut biasanya sudah tertanam malware dan spyware yang berbahaya.

Hati-hati Saat Akses WiFi Publik
Siapa sih yang tidak tergoda dengan akses internet gratis?. Semua orang pasti akan tergoda. Perlu diingat, WiFi gratis yang ada dipublik sering digunakan oleh peretas untuk masuk ke dalam perangkat. Pastikan koneksi publik tersebut aman dan memang benar-benar ditawarkan oleh penyedia layanan yang terpercaya.

Update Sistem Operasi Anda
Tidak hanya sebatas install aplikasi antivirus, usahakan untuk memperbarui versi sistem Android Anda. Selain mengoptimalkan fungsi perangkat, update versi ini sering menyertakan perbaikan bugs di dalamnya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.