PortalMadura.com

Ini 5 Cara Jitu Seimbangkan Kehidupan Pribadi dan Karir

  • Rabu, 6 September 2017 | 13:00
Ini 5 Cara Jitu Seimbangkan Kehidupan Pribadi dan Karir
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang mungkin menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan merupakan hal yang tidak mudah. Padahal, seseorang yang sukses dalam berkarir karena didorong kemampuan menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadinya.

Maka dari itu, bila Anda masih bingung bagaimana cara untuk bisa menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan, simak tipsnya berikut ini:

Berani Tanggung Jawab
Nyari kambing hitam emang paling mudah saat sering lembur sampai malam di kantor atau kerja pas weekend walau di rumah. Semua rekan kerja bahkan bos pun bisa disalahin.

Mulai sekarang berani ambil tanggung jawab atas hidup Anda sendiri. Kalau merasa kerjaan sudah mengambil alih hidup Anda, coba evaluasi diri. Mungkin Anda yang tidak bisa mengatur waktu, atau terlalu berambisi untuk mengerjakan semua sendiri. Alhasil, waktu habis buat kerja, kerja, dan kerja. Capek, bukan?.

Manajemen Waktu
Sudah tepatkah pengalokasian waktu dalam kehidupan Anda?. Misalnya, pulang kerja jam 8 malam. Jangan lanjut buat hangout sampai jam 2 pagi. Sisihkan waktu buat istirahat yang cukup, apalagi kalau paginya ada meeting atau banyak kerjaan.

Kalau mau hangout, pas weekend aja. Selain lebih leluasa dari segi waktu, pikiran juga lebih fokus buat ngobrol sama mereka tanpa terbebani kerjaan.

Kualitas Baru Kuantitas
Saat bersama dengan keluarga atau melakukan kegiatan demi kesenangan pribadi, prioritaskan kualitas di atas kuantitas.

Hari Jadi Sumenep

Kalau memang sibuk pas hari kerja, sisihkan waktu satu hari penuh untuk keluarga pas akhir pekan. Meskipun cuma seminggu sekali, tapi waktu kumpul-kumpulnya lebih berkualitas karena pikiran tidak terganggu mikirin kerjaan.

Gunakan Waktu Cuti Sebijak Mungkin
Manfaatkan waktu cuti dari kantor dengan sebaik-baiknya. Daripada sering ambil cuti cuma sehari-dua hari karena malas ngantor, alokasikan aja cutinya langsung 12 hari untuk berlibur sepuasnya, bisa bareng teman atau keluarga.

Intinya dalam setahun, usahakan Anda mengambil satu kali cuti panjang untuk melepas stres. Dengan begitu, pas balik ke kantor, pikiran Anda sudah fresh lagi dan siap menaklukkan dunia pekerjaan.

Jangan Terlalu Ambisius
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak akan membawa kebaikan dalam hidup. Terlalu santai dan fokus sama kehidupan pribadi, bikin Anda kelihatan kurang serius, tidak profesional, dan kurang bertanggung jawab di kerjaan.

Sebaliknya, kalau terlalu asyik dan sibuk mengejar karir, pasti ada bagian-bagian kehidupan pribadi yang terabaikan. Terlalu ambisius mengejar karir juga bisa berbahaya. Selain Anda bisa jadi lalai sama aspek lain dalam hidup, Anda pun bisa menghalalkan segala cara demi mewujudkan ambisi itu.

Suatu saat, Anda bakal butuh bantuan orang lain ketika Anda lagi susah. Tapi kalau terlalu ambisius dan jadi egois, pada akhirnya Anda bakal ditinggal semua orang. Anda memang butuh bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mewujudkan mimpi-mimpi. Tapi, jaga keseimbangan hidup biar merasa bahagia lahir batin. (suara.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional