oleh

Ini Agenda Hari Aksara Internasional, HUT PGRI dan HGN 2018 di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Peringatan hari guru nasional (HGN) 2018 tingkat Provinsi Jatim dan Hari Aksara Internasional (HAI) serta HUT ke 73 PGRI akan dihelat di Kabupaten Sumenep, Madura.

Rangkaian kegiatan pada momen tersebut dimulai sejak tanggal 15-17 November 2018.

“Sedikitnya 55 ribu orang akan datang ke Sumenep dalam rangkaian Hari Guru, Hari Aksara serta HUT PGRI itu,” terang Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Sumenep, A. Sadik, Selasa (13/11/2018).

Jumlah peserta yang akan berpartisipasi tergolong cukup banyak, sehingga untuk memenuhi hunian, pihaknya tidak hanya memanfaatkan hotel yang ada di wilayah kota Sumenep.

“Selain hotel, juga ada homestay dan semua sekolah di Kecamatan Kota dan beberapa di Kecamatan Lenteng, Pragaan termasuk STKIP dan Pondok Pesantren Al Amien Prenduan,” katanya.

“Hari pertama ada pemutaran film tentang Penguatan Pendidikan Karakter, kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (15/11) bertempat di Gedung KORPRI Sumenep,” jelasnya.

Pada tanggal 16 November 2018, pukul 08.00 WIB akan dilaksanakan tiga jenis kegiatan, berupa lomba mewarnai dengan peserta 850 siswa/siswi, bertempat di Gedung KORPRI Sumenep.

Pada waktu hampir bersamaan yakni pukul 09.00 WIB, ada Final Student Smart Contest bertempat di Area Simposium Parkir Luar Stadion A. Yani, Panglegur, Sumenep.

Pada pukul 13.00 WIB, pembukaan Hari Aksara Internasional dan pameran serta Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan, di Parkir Luar Stadion A. Yani Sumenep yang dijadwalkan akan dibuka oleh Bapak Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

“Pada waktu itu, terdapat 40 stand pameran yang berasal dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur, serta 28 stand pameran unsur inovasi pendidikan Sumenep,” kata Sadik.

“Dihari itu juga, siang, sore dan malam akan dilaksanakan workshop peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sumenep,” sambungnya.

Pada tanggal 17 November merupakan hari puncak peringatan Hari Guru Nasional, HUT ke 73 PGRI dan Hari Aksara Internasional, bertempat di Stadion A. Yani, Panglegur, Sumenep, dari pukul 06.00 – 12.00 WIB.

Pihaknya berharap, semua pihak agar berpartisipasi aktif demi suksesnya acara tersebut. “Mari sambut tamu-tamu itu dengan ramah,” katanya.

Disisi lain, Sumenep yang dipercaya menjadi tuan rumah oleh Pemprov Jatim merupakan kebanggaan tersendiri. “Ini juga berdampak pada perekonomian masyarakat Sumenep,” ujarnya.

Persiapan untuk melaksanakan kegiatan tersebut telah matang dan sudah dikoordinasikan dengan semua pihak, khususnya di lingkungan Pemkab Sumenep, baik dengan Bupati Sumenep, A Busyro Karim maupun dengan Sekdakab Sumenep, Edy Rasyadi.

Tema yang diusung pada momen tersebut “Mengembangkan Ketrampilan Literasi yang Berbudaya”.(Hartono)