oleh

Ini Alasan Filter Udara Motor Tak Boleh Dicuci

PortalMadura.Com – Salah satu komponen vital pada sepeda motor yang tidak boleh lupa untuk dilakukan perawatan secara rutin, yaitu filter udara. Pasalnya, komponen ini memiliki fungsi untuk menyaring udara kotor agar tidak masuk ke sistem injeksi atau karburator dan memastikan ruang bakar agar tetap bersih, dikutip dari Gridoto.com, Minggu (15/9/2019).

Perlu diketahui, bahwa filter udara sepeda motor yang banyak digunakan saat ini terdapat dua jenis, yakni basah dan kering. Lantas, apakah cara membersihkan keduanya sama?.

Tentu tidak, karena itu pemilik motor diharapkan tidak salah saat membersihkan filter udara sendiri di rumah. Khusus filter udara kering, pemilik kendaraan hanya bisa membersihkannya menggunakan angin atau kompresor. Sedangkan filter udara basah harus langsung diganti karena tidak bisa dibersihkan.

Baca Juga: Cara Rawat dan Bersihkan Filter Udara pada Kendaraan

Loading...

Lalu, mengapa filter udara tidak boleh dicuci?. Seperti dilansir Liputan6.com dari Federal Oil, jika filter udara dicuci atau dibersihkan menggunakan sikat dapat merusak serat-serat bahan yang digunakan pada komponen tersebut.

Apabila filter udara rusak, maka komponen ini tidak mampu menyerap kotoran dengan maksimal. Sebab itu, jika saringan sudah rusak disarankan untuk segera menggantinya.

Mengenai bahan keduanya, untuk filter udara kering biasanya terbuat dari bahan kertas yang memiliki ketebalan standar. Saringan jenis ini biasanya tidak mudah rusak saat menyedot air meski bercampur air. Kendatipun terbuat dari bahan yang sama, filter udara basah telah dilengkapi dengan pelumas khusus untuk mengurangi kotoran masuk ke ruang bakar.

Maka dari itu, pemilik kendaraan yang hendak membersihkan filter udara karena sudah kotor, lebih baik tidak dicuci atau disikat. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada filter udara.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar