Inilah 3 Kegunaan Utama Knalpot Kendaraan yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 3 Kegunaan Utama Knalpot Kendaraan yang Jarang Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu komponen penting pada setiap bermotor. Biasanya pada sepeda motor, komponen ini sering dilihat di sisi kanan.

Namun, ada juga motor yang pakai knalpot di kiri-kanan, yaitu motor gede dengan mesin dua silinder. Lantas, apakah pemilik kendaraan tahu fungsi utama knalpot?. Ternyata, kompenen ini tidak hanya mengeluarkan suara dan polusi dari pembakaran di dalam mesin, setidaknya ada tiga fungsi utama dari knalpot. Apa saja?.

Berikut tiga fungsi utama knalpot:

Meredam Suara Bising
Knalpot bertugas untuk meredam suara mesin. Proses pembakaran di ruang mesin menimbulkan suara bising. Agar lebih nyaman saat digunakan, knalpot bisa membantu meredam suara bising saat proses pembakaran berlangsung, makanya keberadaan knalpot di sepeda motor ini jadi sangat penting.

Mengurangi Polusi
Knalpot juga bertugas untuk mengontrol polusi yang dikeluarkan dari sisa pembakaran mesin. Di dalam knalpot, ada teknologi catalityc converter yang bisa membantu mengurangi polusi. Catalityc converter bertugas mengonversi karbon yang keluar dari sisa pembakaran di dalam mesin.

Bisa Tambah Tenaga
Knalpot juga bisa membantu menambah tenaga mesin. Dengan desain, bahan, dan perhitungan yang tepat, knalpot bisa membantu menambah tenaga mesin. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.