Inilah 5 Cara Jitu Memotret di Malam Hari dengan Gunakan Android

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 5 Cara Jitu Memotret di Malam Hari dengan Gunakan Android
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebanyakan kamera smartphone Android tidak pandai memotret foto di malam hari. Padahal, memotret pemandangan atau objek di malam hari menjadi suatu keunikan tersendiri.

Tidak jarang, hasil foto yang didapatkan tidak maksimal karena kurangnya pencahayaan atau spesifikasi kamera tidak mendukung. Nah, untuk menyiasati hal itu, terkadang sebagian orang mengggunakan flash sebagai solusi mengatasi pencahayaan yang kurang baik.

Sayangnya, penggunaan flash juga belum tentu menjadi solusi terbaik. Malah penggunaan flash yang tidak tepat akan membuat hasil foto tidak memuaskan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memotret momen indah Anda di malam hari menggunakan smartphone Android.

Berikut lima cara memotret di malam hari dengan smartphone Android:

Modus HDR
Anda dapat mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR). Modus ini menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. Anda bisa menentukan jarak dan angle terbaik agar hasilnya tidak terlalu gelap.

Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal tekan opsi “Mode”, lalu klik “HDR”. Di sebagian smartphone Android, modus HDR langsung tampil saat membuka kamera. Sayangnya, ukuran file foto HDR relatif lebih besar dibanding ukuran file foto biasa.

Self-Timer
Menggunakan self-timer saat malam atau bahkan siang hari merupakan ide yang bagus. Tidak hanya membantu menentukan angle terbaik, tapi juga dapat menghindari hasil foto yang blur.

Lebih baik Anda menggunakan waktu mundur 5 atau 10 detik. Waktu ini dinilai paling cocok untuk mencari posisi tanpa membuat Anda menunggu terlalu lama.

Modus Pro
Ketika menekan opsi “Mode” di kamera, Anda akan menemukan opsi “Pro”. Di modus ini Anda bisa mengatur pencahayaan secara manual. Kalau Anda mengerti konsep dasar fotografi, pakailah modus ini untuk menghasilkan foto lebih baik saat malam hari.

Tingkatkan ISO
ISO adalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin cerah pula hasil fotonya. Begitu juga sebaliknya. Jika smartphone memungkinkan untuk mengatur ISO, Anda bisa mengaturnya ke angka 400 untuk mendapat gambar yang lebih cerah tanpa bantuan flash.

Tapi jangan lupa, jika terlalu sedikit cahaya di sekitar objek, hasilnya foto terlihat berbintik dan pecah. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya, hasilnya akan over-exposure.

Jika Anda sudah menaikkan ISO tapi masih terlihat buram, bisa jadi Anda masih mengaktifkan modus “Anti-Shake” dan HDR. Matikan kedua fitur ini dan foto akan terlihat normal.

Gunakan Cahaya di Sekitar
Bila Anda kesulitan mengambil foto saat malam, gunakan sumber cahaya yang ada seperti lampu jalan, lampu mobil, sepeda, atau apapun yang memungkinkan gambar Anda terkena cahaya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.