oleh

Inilah 6 Cara Jitu Bungkam Bau Durian Saat Tengah di Pesawat

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang sepotong durian mungkin bisa menjadi surga dunia. Akan tetapi, bagi orang yang tidak menyukainya buah yang memiliki aroma khas ini bisa menjadi sebuah siksaan tiada akhir.

Terutama mengenai aroma tajam yang tidak semua orang suka. Namun, salah satu buah eksotis khas Asia ini terlalu menggoda bagi tidak sedikit orang. Sebab itu, wajar kalau beberapa di antaranya memutuskan membawa durian sebagai oleh-oleh. Tapi, niat ini sering terbentur bila pulang dengan perjalanan udara. Pasalnya, terdapat maskapai tertentu yang melarang penumpang membawa durian.

Akan tetapi, sebagian besar maskapai mengizinkan dengan catatan tidak mengeluarkan bau yang nantinya mengganggu penumpang lain. Nah, setelah memasikan Anda boleh membawa durian di pesawat terbang, langkah selajutnya adalah mencari tahu bagaimana mengemas durian agar tidak mengeluarkan bau.

Sebenarnya, terdapat beberapa saran perihal membungkam bau durian ketika tengah di pesawat terbang. Mungkin dengan cara mengemasnya, atau bisa juga menambahkan sejumlah bahan untuk menghalau bau durian tersebut. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut enam cara mengemas durian agar tidak mengeluarkan bau menyengat saat di pesawat:

Pisahkan Kulit dengan Daging Durian
Membawa kulit hanya akan merepotkan Anda. Taruh ke dalam wadah, kemudian bungkus menggunakan tisu makanan. Tutup wadah tersebut dan selotip di sepanjang penutup.

Tutup Keseluruhan Wadah Menggunakan Aluminium Foil
Selotip kembali di ujung-ujungnya. Jika tidak puas dengan satu lapisan, ulangi tahap ini hingga 2-3 kali. Kemudian, pakai baking soda dan akhiri dengan membungkus wadah durian menggunakan plastik, tutup menggunakan selotip hingga rapat sempurna.

Ditaburi Biji Kopi
Agar aromanya tidak mengganggu selama penerbangan, durian bisa disimpan di dalam wadah yang memiliki tutup. Lalu, masukan ke dalam wadah kedap udara yang lebih besar (kalau bisa dilapisi aluminium foil), taburi dengan biji kopi.

Masukan dalam Wadah Tertutup
Pertama, kulit durian dibelah. Buah dimasukkan ke kotak plastik. Kotak yang sudah ditutup rapat kemudian dilakban. Sesudah itu, kotak tersebut dimasukkan ke plastik bening. Sekali lagi, kemasan tersebut dilakban lagi.

Pakai Daun Pandan
Langkahnya sama dengan yang ditaburi biji kopi. Namun ketimbang biji kopi, tahap tersebut membuat Anda memasukkan daun pandan. Kalau bisa yang sudah dipotong agar wanginya lebih keluar, sebelum akhirnya ditutup rapat.

Dikemas Vakum
Kalau Anda membawa durian dari luar negeri, Hong Kong misalnya, pilihan ini bisa jadi alternatif terbaik. Bisa dilakukan di bandara atau di tengah kota kalau Anda memang tidak terlalu terburu-buru. (liputan6.com/Salimah)

Loading...