Tak Berkategori  

Inilah 9 Fakta Unik tentang Bumi yang Tak Dipelajari di Sekolah

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 9 Fakta Unik tentang Bumi yang Tak Dipelajari di Sekolah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, seseorang mengenal Bumi sebagai planet biru yang berbentuk bulat dan mempunyai atmosfer sebagai tempat tinggal manusia atau makhluk hidup untuk berkembang biak.

Padahal, apa yang diketahui oleh kebanyakan orang tentang Bumi tidak semuanya sesuai dengan fakta di lapangan. Justru menurut para ilmuan mengatakan bahwa bumi adakalanya berubah warna menjadi agak kehijauan, dan terkadang kelabu, ketika dilihat dari ruang angkasa.

Perubahan warna itu berasal dari perubahan kondisi cuaca yang mencakup wilayah luas di permukaan Bumi. Selain itu, berikut sembilan fakta menarik lainnya tentang Bumi yang tidak pernah diajarkan di sekolah:

Bulan Bisa Menjadi Bagian dari Bumi
Saat ini, para ilmuwan menganggap bahwa terbentuknya Bulan adalah karena tabrakan planet dengan objek besar lainnya. Tabrakan itu mengakibatkan terbelahnya sepotong kecil Bumi, yang kemudian menjadi satelitnya.

Berubahnya Medan Magnet Bumi
Sebagian dari Anda terbiasa melihat medan magnet bumi sebagai sesuatu yang konstan. Namun, itu sebenarnya terus berubah. Menurut penelitian ilmiah, medan magnet telah bergerak sekitar 600 mil sejak abad ke-19, dan pusatnya berada di belahan bumi selatan, yakni terletak di atas Samudera Hindia.

Tahun demi tahun kecepatan gerakannya meningkat hingga mencapai puncaknya. Setelah itu, gerak perpindahan medan magnet akan melambat lagi.

Gravitasi Aneh
Karena kenyataan bahwa Bumi tidak bulat sempurna, maka massanya tidak merata. Perbedaan massa tersebut menyebabkan fluktuasi gravitasi di berbagai tempat di Bumi. Salah satu bukti anomali ini terjadi Teluk Hudson, Kanada, ketika gravitasi di sana lebih rendah daripada di tempat lain.

Bumi Kemungkinan Memiliki Dua Bulan
Beberapa ilmuwan percaya bahwa planet kita memiliki satelit kedua. Menurut penelitian, ada benda kosmik lain yang berputar mengelilingi Bumi. Namun, itu tidak selalu merupakan objek yang sama, tetapi lebih kepada, satelit sementara.

Dipercaya bahwa medan gravitasi Bumi terkadang menarik asteroid yang cukup besar, dan mereka terus mengikuti planet kita untuk beberapa waktu (sekitar 3 putaran) sebelum pergi mengembara dalam luasnya ruang angkasa.

Gempa di Bulan

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.