Inilah Ciri Mukmin Sejati, Apa Anda Termasuk?

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Ciri Mukmin Sejati, Apa Anda Termasuk?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki mental kuat merupakan salah satu . Mereka selalu bersemangat menjalani kehidupannya dengan berorientasi pada dunia dan akhirat. Bahkan, saat kesedihan menghampiri tidak akan pernah lama merundungnya. Mereka pun segera berganti dengan semangat dan gairah beribadah serta menebar manfaat.

Sebagaimana Rasulullah mengingatkan: “Orang Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada orang Mukmin yang lemah. Masing-masing ada kebaikannya. Bersemangatlah untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirimu, serta mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah lemah! Kalau tertimpa sesuatu, janganlah kamu mengucapkan, ‘Seandainya aku berbuat begini tentu akan terjadi begini dan begitu,' tetapi katakanlah, ‘Apa yang telah ditentukan Allah dan apa yang dikehendaki-Nya pasti akan terjadi.' Karena kata ‘seandainya' itu akan memberi jalan kepada setan,” (HR Muslim).

Perlu umat Islam ketahui, bahwa dalam hidup ini terkadang mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun, banyak pula kegagalannya. Sedih, kecewa, sudah pasti dan duka mendalam kadang menyelimuti. Bahkan, menangis tidak terbendung, menyalahkan diri. Mesti diingat Andaa dilarang larut dalam kesedihan karena bisa menumpulkan hati.
Allah SWT berfirman: “Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) bersedih hati,” (QS Ali Imran: 139).

Apalagi kegagalan adalah latihan terbaik untuk umat muslim dalam menjalani kehidupan di dunia. Kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan diri. Ingatlah, waktu terus berputar. Kadang kemenangan berpihak, atau sebaliknya. Suatu saat seseorang ditimpa kegagalan, tetapi pada saat yang lain dinilai berhasil. Dipandang banyak orang berkedudukan mulia, lain kali menjadi sangat hina. Hidup berwarna, pergabungan duka dan bahagia. Semuanya berjalan dinamis dan bisa berubah setiap hari, bahkan setiap detik. “Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia,” (QS Ali Imran: 140).

Untuk itu sesulit apa pun, hidup harus terus diisi dengan gairah. Bersemangat untuk terus menebar kebaikan. Meski terkadang saat melayani dan memampukan, ada arena yang Anda sendiri tidak sanggup memperjuangkannya. Ada hal yang di luar rencana dan kehendak diri. Pada titik itu, kesabaran dan keikhlasan dibutuhkan, serta lapang dada menerima kenyataan.

Jadikan iman dan takwa sebagai bekal menghadapi kemungkinan-kemungkinan itu. Iman dan takwa kepada Allah Yang Maha-kuasa akan membuat manusia bersabar setiap kali menerima kejadian yang terjadi. Menjadikan manusia senantiasa bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepadanya serta menjadi pangkal keselamatan bagi nya.

Allah SWT berfirman: “Barang siapa bertakwa dan mengadakan perbaikan, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati,” (QS al-Araf:35).

Sejatinya hidup ini tidak pernah sempurna. Syukuri ketidaksempurnaan, teruslah bersemangat dan belajar agar memiliki mental kuat. Serahkan semuanya kepada Allah Yang Mahakuasa. Berusaha-lah sekuat tenaga sambil terus memohon pertolongan-Nya. Wallahu A'lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.