oleh

Irigasi Tak Berfungsi, 50 Hektar Lahan Pertanian Rusak

PortalMadura.Com, Bangkalan – Saluran irigasi sepanjang 500 meter di Desa Bilaporah, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura Jawa Timur dikeluhkan warga setempat.

Salah seorang warga, H. Abd. Aziz (45) menyampaikan, sawah milik para petani seringkali terkena banjir akibat luapan irigasi. Bahkan air bah mengalir ke wilayah perkampungan.

“Irigasi yang ada tak berfungsi. Saat hujan deras banjir mengalir ke lahan padi milik warga,” terangnya, Senin (24/6/2019).

Luas lahan pertanian terdampak, ia menyebutkan berkisar 50 hektar. “Ada juga yang gagal panen,” katanya.

Loading...

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bangkalan, Taufan Zairinsyah mengakui jika saluran irigasi tidak berfungsi.

Penyebabnya, terdapat bangunan liar di atas saluran irigasi dan ada saluran yang kemungkinan tersumbat.

“Karena saluran irigasi ini tanggung jawab Pemerintah Provinsi, maka kita akan melaporkan secepatnya,” dalihnya usai melakukan survie lokasi.

Ia mengemukakan, bila proses pengajuan ke Pemprov Jatim ada kendala, maka pihaknya segera mengusulkan dana revitalisasi irigasi di APBD.

“Ini harus dikerjakan cepat sebelum musim penghujan. Kalau sudah musim hujan akan lebih susah lagi memperbaikinya,” tandasnya.(*)


Penulis : Imron
Editor : Desy Wulandari
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar