Islam Anjurkan Sambung Tali Silaturrahmi, Ini 7 Keistimewaannya

Avatar of PortalMadura.Com
Islam Anjurkan Sambung Tali Silaturrahmi, Ini 7 Keistimewaannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjalin silaturrahmi merupakan salah satu amalan baik selain ibadah dalam islam. Hal ini menjadi cara mewujudkan ukhuwah islamiyah dengan mengunjungi keluarga atau kerabat. Islam sangat menganjurkan untuk menjaga dalam keluarga, tetangga, teman, sahabat dan lain sebagainya, karena ada beberapa keutamaan menyambung tali silaturrahmi. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Merupakan Konsekuensi Iman Kepada Allah SWT
Silaturahmi merupakan tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Dipanjangkan Umurnya dan Diluaskan Rizqinya
Orang yang suka mengunjungi sanak saudaranya serta menjalin silaturhami akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya. Sebagaimana hadist Rasullullah SAW: “Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Terhubung dengan Allah SWT
Menyambung tali silaturahmi sama dengan menyambung hubungan dengan Allah SWT sebagaimana disebutkan hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya Allah swt menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu”

Penyebab Masuk Surga dan Dijauhkan dari Neraka
Balasan orang yang menyambung tali silaturahmi yaitu didekatkan dengan surga dan dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana yang tertera dalam hadist berikut ini : “Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan dalam satu riwayat: “Jika dia berpegang dengan apa yang Kuperintahkan kepadanya niscaya ia masuk surga.”

Merupakan Bentuk Ketaatan Kepada Allah SWT
Menyambung tali silaturahmi yaitu salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah SWT maka dengan menjalankan perintahnya maka Anda taat kepada Allah SWT. Menjalin silaturahmi juga merupakan salah satu cara meningkatkan akhlak terpuji.

Allah swt berfirman: “dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Rabbnya dan takut kepada hisab yang buruk” (QS. Ar-Ra'd :21)

Pahalanya Seperti Memerdekakan Budak
Sebuah hadist meriwatkan bahwa dari Ummul mukminin Maimunah binti al-Harits radhiyallahu ‘anha, bahwasanya dia memerdekakan budak yang dimilikinya dan tidak memberi kabar kepada Nabi saw sebelumnya, maka tatkala pada hari yang menjadi gilirannya, ia berkata: Apakah engkau merasa wahai Rasulullah bahwa sesungguhnya aku telah memerdekakan budak (perempuan) milikku? Beliau bertanya: “Apakah sudah engkau lakukan?” Dia menjawab: Ya.
Beliau bersabda: “Adapun jika engkau memberikannya kepada paman-pamanmu niscaya lebih besar pahalanya untukmu.”

Bersedekah Terhadap Keluarga Sendiri Tidak Seperti Sedekah Terhadap Orang Lain
Mengunjungi sanak saudara dan bersedekah adalah salah satu perbuatan mulia dan memiliki faedah yang besar. Bersedekah kepada keluarga lebih diutamakan daripada bersedekah kepada orang lain dan bisa menghindari dari perbuatan riya. Bersedekah kepada keluarga dan orang lain kemudian menceritakannya atau riya yaitu salah satu dari hal-hal yang menghapus amal ibadah sedekah tersebut,

Hal ini dianjurkan kepada setiap umat muslim sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist dari Salman bin ‘Amir ra, dari Nabi saw beliau bersabda: “Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (HR Tirmidzi)

Demikianlah keutamaan menyambung tali silaturahmi dan ganjaran yang Anda peroleh jika melakukannya ataupun meninggalkannya. Islam mengajarkan Anda untuk selalu meiliki akhlak terpuji dan beramal shaleh. mengunjungi sanak saudara dan menjaga lisan sangatlah diutamakan karena bahaya lidah sangatlah besar. Semoga Anda senantiasa mendapat hidayah Allah SWT dan terhindar dari siksa di hari kiamat. (dalamislam.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.