Jangan Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas, Ini Akibatnya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas, Ini Akibatnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat berkendara jarak jauh, Anda disarankan untuk tidak membuka sembarangan, apalagi mesin masih dalam keadaan panas.

Karena, tutup itu bisa mental dan cairan panas radiator ikut menyembur ke luar sehingga bisa melukai seseorang yang ada di sekitarnya.

Kondisi overheat pada mobil kejadian saat temperatur mesin melebihi batas yang bisa ditoleransi. Ada banyak faktor penyebabnya, misalnya berkendara terlalu lama atau sistem pendinginan mobil yang sudah rusak.

Saat jarum di indikator suhu sudah mendekati merah, memang sangat disarankan mobil berhenti buat pendinginan. Namun, buat penanganan, jangan sampai membuka penutup radiator, sebab tidak ada gunanya.

“Kalau misalnya cuma mau cek atau isi cairan radiator cukup dari reservoir saja,” ucap Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Selasa (17/10/2017).

Saat kondisi mesin panas, tekanan di dalam radiator sedang tinggi. Bila penutup dibuka, maka tekanan itu mendorong cairan keluar dengan cepat.

Jadi, berhati-hatilah saat membuka penutup radiator kendaraan Anda. Karena bisa jadi akan melukai Anda sendiri. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.