Jangan Sembarangan! Ini Tips Pilih Helm Agar Aman dalam Berkendara

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sembarangan! Ini Tips Pilih Helm Agar Aman dalam Berkendara
Ilustrasi (pricearea.com)

PortalMadura.Com – Helm merupakan perlengkapan yang wajib dimiliki dan digunakan saat berkendara. Fungsinya sangat penting untuk melindungi kepala saat terjadi benturan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Ada berbagai macam helm yang kini bisa di jumpai dipasaran, mulai dari yang termurah hingga yang termahal.

Oleh sebab itu, bisa dikatakan memiliki helm adalah investasi. Investasi dalam hal keselamatan pastinya. Namun, helm seperti apa yang bisa memberikan perlindungan maksimal?. Berikut ini beberapa tips dalam memilih helm:

Pilihlah Helm yang Sesuai dengan Ukuran Kepala
Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, pengguna helm akan merasa sakit dibagian kiri, kanan dan atas kepala. Apabila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman karena helm akan bergerak pada saat tertiup angin. Selain itu helm yang longgar akan berbahaya pada saat terjadi benturan.

Bahan Shellnya keras atau Tidak Lentur
Karena bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

Melindungi Seluruh Bagian Tempurung Kepala
Pilihlah helm fullface atau minimal openface, karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala Anda saat berkendara.

Bagian Dalam atau Inner yang Lembut
Pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat Anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

Lapisan Pengaman Dalam yang Tebal
Hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

Tali Pengikat yang Kuat
Tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

Sudah Memenuhi Standar yang Ditentukan
Helm yang sudah memenuhi standar keamanan berarti sudah melewati proses uji, sehingga Anda akan merasa lebih aman menggunakan helm tersebut. (otomotifzone.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.