oleh

5 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri Wajib Diajarkan Pada Anak

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak pentingnya menjaga kebersihan diri pada anak sejak dini dapat menciptakan kebiasaan baik yang akan melekat hingga seumur hidup mereka. Pada tahap usia ini, ia belum memahami konsep kebersihan dan kesehatan.

Biasanya anak-anak senang bermain kotor. Mereka sedang berada dalam tahap mengeksplorasi berbagai hal di sekitarnya.

Dilansir dari laman Idntimes.Com, Selasa (4/8/2020), berikut kebiasaan yang perlu diajarkan untuk menjaga kebersihan diri.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sampah memberi dampak buruk bagi kehidupan manusia apabila salah dalam pengelolaannya. Sudah sepantasnya orang tua mengajarkan anak tentang bagaimana seharusnya anak memperlakukan sampah.

Ajarkan anak bahwa sampah memiliki tempat pembuangannya sendiri. Jangan lupa sediakan tempat sampah kering dan basah di rumah agar anak bisa membuang sampah sesuai kriterianya.

Meletakkan Pakaian Kotor Ke Tempat Yang Sudah Disediakan

Ajak anak membiasakan diri untuk tidak lupa meletakkan pakaian kotor pada tempatnya. Terkadang jika orangtua memiliki pembantu rumah tangga di rumah, anak mendapat perlakukan khusus di mana bebas meletakkan pakaian di mana saja usai bermain atau pulang sekolah. Sikap itulah yang menjadi kebiasaan buruk hingga ia dewasa.

Minta Anak Mandi Dengan Bersih

Anda perlu membuat mandi menjadi aktivitas yang menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan membiarkan anak membawa mainan favoritnya atau membiarkannya bermain busa saat mandi.

Setelah itu, ajari untuk mandi dengan cara yang benar, yaitu menggosok semua bagian tubuh dengan sabun dan membilasnya dengan air. Katakan pada anak jika tubuh tidak bersih akan mudah terserang penyakit, baik itu penyakit kulit atau jenis penyakit lainnya.

Ingatkan Anak Gosok Gigi

Rutin sikat gigi bermanfaat untuk mencegah gigi anak berlubang, di samping untuk menjaga kesehatan mulutnya. Ajarkan untuk sikat gigi di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Ajarkan anak langkah-langkah sikat gigi yang benar, dimulai dengan mengoleskan pasta gigi ke sikat gigi, menyikat gigi selama 2 menit, hingga kumur-kumur. Agar menyikat gigi jadi lebih menyenangkan, Anda bisa membebaskan anak memilih pasta gigi dengan rasa yang ia suka.

Biasakan Mencuci Tangan dan Kaki Sebelum Tidur

Hal ini penting untuk dilakukan anak sejak dini. Sebab sebelum tidur, anak tentu melakukan berbagai aktivitas seperti bermain. Oleh karena itu, cuci kaki dan tangan sebelum tidur harus menjadi kebiasaan anak sejak kecil. Sehingga anak bisa tidur dengan nyaman dan dalam keadaan bersih dari segala macam kuman.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE