Kenali 10 Tanda Kematian yang Semakin Dekat

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 10 Tanda Kematian yang Semakin Dekat
Tanda kematian

PortalMadura.Com – Semua makhluk hidup pasti mengalami mati. Namun, kematian merupakan rahasia Allah SWT yang tidak diketahui siapapun. Sehingga setiap makhluk hidup khususnya manusia perlu menyiapkan banyak hal untuk menghadapi kematian.

Sebelum mengalami kematian biasanya seseorang merasakan tanda-tandanya. Lantas apa saja tanda seseorang yang akan meninggal?

Berikut ini beberapa tandanya:

Tidur Berlebihan
Beberapa bulan sebelum akhir hayat seseorang, ia yang sedang sekarat mungkin mulai tidur lebih dari biasanya. Ketika Anda mungkin mendekati kematian, metabolisme tubuh Anda akan menurun. Tanpa pasokan energi alami yang tiada henti, kelelahan akan dengan mudah menyerang Anda.

Kurang Makan dan Minum
Kebutuhan energi akan menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Karena Anda tidak membutuhkan banyak energi lagi untuk melakukan tugas sehari-hari. Jadi, makanan dan minuman sepertinya kurang diperlukan. Orang-orang yang hampir mati mungkin bahkan tidak tertarik pada beberapa makanan favorit mereka. Beberapa hari menjelang kematian, orang tersebut akan berhenti makan atau minum sepenuhnya.

Menjauh
Tidak jarang orang-orang yang sedang sekarat ingin perlahan-lahan menjauhkan diri dari kegiatan dan orang-orang di sekelilingnya. Hal ini merupakan sebuah refleksi alami dari perubahan energi serta keinginan untuk melindungi hari dan jam terakhir mereka. Jadi, seseorang yang tidak lama lagi akan menemui kematiannya cenderung akan menarik diri dari lingkungannya.

Berubahnya Tanda Vital
Tekanan darah akan menurun ketika seseorang mendekati kematiannya. Perubahan pernapasan menjadi lebih jelas, dan detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit untuk dideteksi. Saat tekanan darah menurun, ginjal akan berhenti bekerja juga. Hal ini mengakibatkan perubahan warna urine menjadi kecoklatan.

Suhu Tubuh Menurun
Bagi seseorang yang akan meninggal, sirkulasi darahnya akan menarik ke dalam menuju organ vital di hari-hari terakhir hidupnya. Itu berarti sirkulasi darah di tempat-tempat seperti tangan dan kaki akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan kulit dan anggota badan akan terasa sejuk bila disentuh. Kulit juga mungkin akan tampak semakin pucat. Hingga pada akhirnya, peredaran darah yang berkurang dapat menyebabkan timbulnya bintik ungu kebiruan pada kulit.

Otot Melemah
Di hari-hari terakhir sebelum kematian, otot bisa menjadi sangat lemah. Otot-otot di dalam tubuh seseorang yang akan meninggal tidak akan bekerja optimal lagi seperti biasanya. Tugas sederhana seperti mengangkat cangkir berisi air atau membalik diri di tempat tidur mungkin akan menjadi sulit.

Masalah Pernapasan
Ini merupakan tanda yang paling mengkhawatirkan. Fluktuasi pernapasan ini mungkin termasuk perubahan pernapasan. Bagi seseorang yang akan meninggal dunia, napas tiba-tiba akan berat dan ia akan menjadi sulit untuk bernapas.

Kebingungan
Otak tetap aktif selama fase sekarat. Namun, hal ini tidak biasa bagi orang yang sedang sekarat dan hal ini pun akan mengakibatkan kebingungan atau inkoherensi. Beberapa orang akan merasa gelisah dan agresif jika mereka tidak tahu apa yang terjadi atau di mana mereka berada.

Merasa Sakit
Intensitas rasa sakit kemungkinan akan meningkat ketika seseorang menjadi semakin dekat dengan kematian. Tidak jarang seseorang menunjukkan tanda-tanda yang terlihat bahwa mereka merasa kesakitan. Tanda-tanda itu bisa dilihat seperti meringis, mengerang, atau cemberut.

Halusinasi
Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang-orang yang sekarat mengatakan bahwa mereka melihat orang-orang terkasih yang sudah lama meninggal dunia di hari-hari terakhir mereka. Hal ini memang benar mereka alami, karena orang yang sedang sekarat cenderung akan mengalami halusinasi. Halusinasi dan penglihatan tentang tempat atau orang lain yang mereka lihat juga biasanya tidak biasa. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.