oleh

Kesulitan Air Bersih, Sumber di Dusun Berca Masih Terabaikan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Banyak sumber air di Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat setempat. Salah satunya, sumber air di Dusun Berca, Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan.

Salah seorang mantan kepala desa setempat, Napin menjelaskan, sumber air di Dusun Berca pernah disurvey oleh Dinas Kesehatan pusat dari Jakarta dan dari Unicef (United Nations International Children’s Emergency Fund) pada tahun 2005.

“Hasil survie debit airnya besar,” katanya, saat mendampingi kunjungan Danramil 0827/07 Pegantenan Kapten Inf Suharto ke rumah Napin beberapa waktu lalu.

Loading...

Sementara, Sekretaris Desa Pasanggar, Abd Hadi juga membenarkan. “Kira-kira 20 sampai 25 liter per menit dan airnya jernih serta layak konsumsi,” ujar Abd Hadi.

Untuk memastikan kondisi sumber air tersebut, Danramil meninjau langsung ke lokasi sumber air.

“Kondisi sekitar sumber tidak terawat, namun debit airnya besar, jernih dan layak konsumsi,” imbuh Kapten Suharto.

Saat ini, sumber air tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan mandi dan memasak, khususnya bagi warga Dusun Berca.

Sementara warga dusun lainnya yang kekeringan berharap agar ada perhatian dari pemerintah, sehingga air bisa dialirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.(Penrem/rls/choir)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar