oleh

Ketahauilah, 7 atau 8 Jam Termasuk Tidur yang Tepat? Ini Jawabannya Guys!

PortalMadura.Com – Bila Anda sudah menjaga pola makan dan rutin berolahraga tapi tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup setiap malamnya, maka semua usaha hidup sehat Anda hanya sia-sia. Sebab, lama dan kualitas tidur memegang peran penting pada perkembangan kesehatan tubuh Anda.

Kurang tidur dapat menyebabkan terjadinya perubahan yang berarti pada tubuh. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko Anda mengalami sejumlah masalah kesehatan yang serius, di antaranya diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini. Lama tidur tujuh sampai delapan jam sebenarnya direkomendasikan hanya untuk orang dewasa, termasuk lansia. Sementara itu, orang dengan usia muda seperti anak-anak dan remaja memiliki jam tidur yang lebih panjang dibandingkan orang dewasa.

Sering mendengar bahwa jam tidur yang tepat untuk dimiliki oleh orang dewasa adalah 8 jam? Namun, beberapa penelitian mengenai tidur justru mempertanyakan angka ini. Penelitian-penelitian tersebut justru menemukan bahwa 7 jam tidur adalah angka yang ideal untuk dilakukan.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of California San Diego telah menghabiskan waktu selama 6 tahun dan melibatkan 1,1 juta orang, menyimpulkan bahwa orang yang tidur dengan waktu antara 6,5 hingga 7,4 jam dalam semalam memiliki tingkat kematian yang lebih rendah. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan waktu yang lebih pendek atau lebih lama.

Tidur selama tujuh sampai delapan jam dapat membuat Anda mengalami semua tahap tidur. Dua fase tidur, yaitu fase REM dan slow wave sleep dapat melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif. Sementara itu, orang yang kurang tidur akan mengalami beberapa hal yang dapat mengganggu daya ingatnya.

Karena seseorang yang terlalu banyak tidur atau berbaring di tempat tidur berisiko terkena beberapa penyakit. Begitu juga dengan seseorang yang mengaku hanya butuh waktu tidur sekitar 5 jam.(fimela.com/Nurul)