oleh

Ketahui 5 Hal ini Sebelum Mengambil Cicilan Kredit

PortalMadura.Com – Saat ini sudah menjadi hal lumrah bagi sebagian orang mengambil cicilan kredit untuk berbagai kebutuhan hidup. Sebenarnya hal ini tidak menakutkan, asal ditanggapi secara bijaksana dan diketahui seluruh anggota keluarga.

Selain itu, Anda juga perlu tahu apa saja yang ada dalam cicilan kredit. Sehingga kedua belah pihak sama-sama merasa diuntungkan. Nah bagi Anda yang punya rencana mengambil cicilan kredit, perhatikan dulu beberapa hal ini agar tidak merasa terbebani pada saat pembayaran. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Besaran Jumlah Cicilan
Jumlah cicilan biasanya akan ditambah dengan bunga dan biaya administrasi lainnya. Ada baiknya, Anda mulai menghitungnya sejak awal supaya tidak memberatkan saat akan melakukan pembayaran. Yang perlu diingat, besaran jumlah cicilan akan berpengaruh pada harga barang dan lamanya angsuran tersebut.

Untuk cicilan kendaraan bermotor atau barang-barang lainnya, biasanya besaran biaya cicilan setiap bulan akan sama. Jadi, saat pertama kali menandatangi kontrak cicilan, Anda harus bisa menyediakan uang sebesar jumlah tersebut. Jika tidak, ada baiknya mengurungkan niat atau mengubah barang menjadi yang lebih murah.

Lama Tenor Cicilan
Barang yang Anda beli sekarang, harganya akan menyusut seiring berjalannya waktu dan pemakaian. Sayangnya, semakin lama tenor cicilan, akan semakin mahal pula harga barang yang Anda beli. Hal ini terjadi karena bunga dan biaya-biaya lainnya yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Selain membuat harganya menjadi lebih tinggi, lamanya tenor juga buat kewajiban Anda membayar pun semakin lama. Tidak ada yang senang punya utang apalagi kalau itu merupakan utang jangka panjang. Jadi, baiknya mengambil tenggang waktu yang sebentar saja.

Semakin cepat Anda menyelesaikan angsuran kredit, semakin buka peluang Anda untuk melakukan cicilan lainnya.

Tanggal Penagihan dan Jatuh Tempo
Dua hal ini yang benar-benar harus diperhatikan buat Anda yang punya cicilan kredit. Anda harus tahu dan hafal dua tanggal selama berutang. Tanggal penagihan merupakan waktu tagihan baru terbit dan Anda bisa melakukan pembayaran. Sedangkan, jatuh tempo merupakan tenggat waktu Anda membayar cicilan kredit.

Biasanya antara tanggal penagihan dan jatuh tempo berjarak tidak terlalu jauh antara 7-14 hari. Dengan kata lain, Anda punya waktu selama itu juga untuk menyelesaikan pembyaran.

Mengakali tanggal penagihan bisa juga membantu Anda untuk bayar cicilan kredit. Baiknya, Anda meminta tanggal penagihan jatuh tidak jauh dari tanggal gajian. Dengan begitu, Anda bisa langsung membayar saat sudah menerima penghasilan bulanan.

Bunga dan Denda
Setiap leasing akan memberikan bunga yang berbeda untuk barang yang berbeda pula. Namun, Anda berhak tahu semua bunga dan biaya-biaya lainnya sebelum mengajukan kredit. Bunga nantinya akan dibayarkan bersama dengan angsuran tiap bulannya.

Hal yang penting lainnya yaitu bunga. Ada baiknya Anda tahu besaran denda yang harus dibayarkan jikalau Anda melewati tanggal jatuh tempo. Besaran denda pun cukup beragam, tapi sifatnya akumulatif. Artinya, setiap kali Anda tidak membayar, semakin besar pula utang Anda.

Membayar cicilan kredit merupakan kewajiban Anda. Jadi, pastikan Anda tidak terlambat saat sudah masuk ke tanggal penagihan. Untuk itu, selalu jadikan utang sebagai prioritas dalam pengeluaran bulanan Anda.

Cara Pembayaran
Masing-masing leasing pastinya memudahkan para nasabahnya dalam melakukan pembayaran karena itu juga masuk ke dalam strategi marketing. Untuk itu, mereka juga mempersilakan nasabahnya untuk membayar di berbagai tempat, mulai dari ATM, loket pembayaran, sampai penyedia jasa pembayaran multifinance. (liputan6.com/Desy)