oleh

Ketahui 8 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Di Indonesia, manfaat daun katuk yang paling terkenal adalah sebagai makanan untuk memperbanyak dan memperlancar air susu ibu. Pasalnya tumbuhan yang memiliki nama latin sauropus adrogynus ini dipercaya efektif untuk memperlancar dan memproduksi ASI.

Seringkali daunnya diolah menjadi berbagai olahan menu makanan, seperti sup hingga aneka tumisan. Selain memiliki cita rasa manis, daun katuk juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain memperlancar ASI, masih ada manfaat lainnya yang bisa dirasakan, karena adanya kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Dilansir dari laman Merdeka.Com, Kamis (23/7/2020) berikut manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Mengobati Flu

Manfaat daun katuk yang pertama dapat mengobati flu. Beberapa kandungan pada daun katuk berfungsi untuk menyembuhkan demam dan influenza. Daun katuk mengandung zat Antioksidan yang tinggi sehingga berperan penting dalam meredakan flu.

Selain itu, daun ini juga kaya akan vitamin C sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk kolagen hingga mengatur kadar kolesterol.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi berkurangnya kepadatan tulang. Sehingga dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Salah satu cara untuk mencegah osteoporosis ialah dengan mengonsumsi daun katuk.

Kandungan kalsium dan zat besi pada daun katuk berfungsi efektif dalam mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan ini juga berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Memperlancar ASI

Manfaat daun katuk selanjutnya dapat memperlancar dan memproduksi air susu ibu (ASI). Pasalnya daun katuk memiliki kandungan kimia sterol inhalasi yang mampu memberikan efek hormonal yang memicu produksi susu.

Daun katuk juga mengandung sejumlah asam amino, vitamin B, vitamin C, zat besi dan fosfor yang berperan penting dalam melembutkan tekstur ASI. Sehingga daun katuk sangat cocok dikonsumsi bagi wanita hamil atau menyusui.

iklan 2

Meningkatkan Vitalitas Pria

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan vitalitas sexs pria dengan mengonsumsi daun katuk. Daun katuk mengandung senyawa fitokimia yang berfungsi efektif meningkatkan kualitas jumlah sperma.

Selain itu, beberapa kandungan lainnya juga dapat berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun katuk lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Daun katuk mengandung vitamin A yang tinggi sehingga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit mata. Manfaat ini bisa Anda dapatkan apabila secara teratur mengonsumsi daun katuk yang sudah dimasak.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun katuk juga dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk dapat berfungsi efektif sebagai penutup luka yang kuat.

Untuk mendapatkan manfaat daun katuk sebagai penyembuhan luka caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun katuk kemudian remas-ramas hingga halus, campur dengan sedikit air dan oleskan pada kulit tubuh yang terluka.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun katuk berikutnya ialah dapat mencegah hipertensi. Kandungan kalsium pada daun katuk mampu berperan penting dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu, beberapa kandungan lainnya juga berfungsi efektif dalam menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti jantung.

Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi di mana sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Sehingga hal ini terkadang menyebabkan penderita sering merasakan pusing, sulit berkonsentrasi dan tubuh mudah lelah. Salah satu cara mengatasi masalah ini ialah dengan mengonsumsi daun katuk.

Daun katuk berperan penting dalam meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, sehingga hal ini dapat menghambat penyakit kronis pembuluh darah. Sehingga mengonsumsi daun katuk secara teratur dapat mengatasi masalah anemia.

Segudang Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh ini dapat anda jadikan salah satu referensi kesehatan, namun kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi anda.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar