Komunitas ‘Toremaos’ Ajak Pengunjung Taman Adipura Sumenep Melek Baca

Avatar of PortalMadura.Com
Komunitas 'Toremaos' Ajak Pengunjung Taman Adipura Sumenep Melek Baca
Toremaos

PortalMadura.Com, – Sedikitnya 8 siswa dan mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas ‘Toremaos' mengajak pengunjung Sumenep, Madura, Jawa Timur untuk membaca.

Ajakan melek baca itu dilakukan dengan cara membeber buku-buku koleksi pribadi mereka di areal Taman Adipura dengan menggunakan tikar, Minggu (14/08/2016).

Beragam jenis buku yang dipajang, mulai majalah, buku cerita anak, novel, hingga buku politik dan psikologi.

“Siapapun boleh membaca buku-buku ini. Kami dari komunitas ‘Toremaos' membawa buku koleksi buku masing-masing, nanti juga membawa pulang buku masing-masing,” ungkap Koordinator Komunitas ‘Toremaos', Fandi.

Ia menyampaikan, aksi mereka dimaksudkan agar masyarakat tidak termakan dampak negatifnya majunya teknologi yang membuat masyarakat malas membaca buku.

“Toremaos dalam bahasa Madura ini artinya silahkan membaca. Jadi kami yang punya buku ini biar tidak hanya untuk dibaca sendiri, tapi juga untuk siapa saja yang berminat membacanya,” paparnya.

Ditegaskan, komunitas Toremaos ini beranggotakan siswa SMP, SMA, dan Mahasiswa. Mereka bermaksud ingin memacu minat baca masyarakat, terutama anak-anak muda. Apalagi saat ini anak-anak muda lebih akrab dengan ‘gadget' dibanding buku.

“Dampak kemajuan teknologi membuat semua menjadi sibuk dengan ‘gadget'. Kami tidak ingin buku ini menjadi terpinggirkan. Baca buku bisa dilakukan dengan ‘e-book'. Tapi nilainya tetap beda dibanding membaca buku langsung,” ucapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, apa yang dilakukan komunitas ‘Toremaos' juga mampu membangun interaksi dengan masyarakat melalui buku.

“Kami ingin menghadirkan perpustakaan kolektif. Jadi semua koleksi bukunya milik anggota sendiri. Dan tempat kami membeber buku ini pindah-pindah. Kalau Minggu di Taman Adipura. Di hari-hari libur, bisa saja kami pindah ke tempat wisata. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.