oleh

KPU Bangkalan Tepis Tudingan Adanya Pemalsuan C1 Pemilu 2019

PortalMadura.Com, Bangkalan – KPU Bangkalan, Madura, Jawa Timur menepis tudingan pemalsuan dan tidak menyajikan dokumen berupa C1 pada perkara Permohonan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami tidak pernah mengubah dan KPU Bangkalan membuka segel itu setelah ada surat edaran dari KPU RI. Waktu membuka kotak tersegel disaksikan polisi dan Bawaslu untuk dijadikan alat bukti di MK,” kata Ketua KPU Bangkalan, Zainal Arifin, Jumat(19/7/2019).

Ia menyampaikan, data yang ada di DA1, DB1, DAA1 berasal dari C1 berhologram. Dan KPU Bangkalan telah memberikan tanggapan sesuai dengan pihak pemohon. Bahkan, pihaknya telah merinci perolehan suara masing-masing calon legislatif (caleg) yang bersengketa di MK.

Hal tersebut disampaikan seiring dengan adanya tudingan dan ancaman akan mempidanakan KPU dari calon legislatif DPR RI Dapil XI Jatim, Nizar Zahro melalui kuasa hukumnya, Arif Sulaiman.

Loading...

Zainal Arifin menyampaikan, semuanya sudah dijelaskan termasuk perolehan suara Nizar Zahroh berapa dan Zainuddin Amalia berapa. “Itu sudah semua, persoalan penjelasannya satu-satu atau secara detail itu kan strategi masing pengacara,” tandasnya.

Jawaban KPU Bangkalan atas materi pemohon juga telah terpapar di situs Mahkamah Konstitusi dan dapat diakses oleh siapapun. “Jadi, kalau penilaian KPU tidak menanggapi itu tidak benar. Kita jelaskan berapa perolehan Pak Nizar Zahro dan Pak Zainudin Amali,” ucapnya.

Saat ini, pihak KPU Bangkalan masih melakukan kajian dan berkonsultasi kepada KPU Jatim dan KPU RI atas tudingan pemalsuan C1 yang ditujukan kepada KPU Bangkalan.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan, KPU Bangkalan akan mengambil langkah hukum dengan adanya tuduhan pemalsuan data Pemilu 2019.

Pihaknya menyampaikan, jika materi pemohon berdalil bahwa perolehan suaranya menyusut sebanyak 35.195 di Kabupaten Bangkalan yang tersebar di 11 kecamatan.

“Pemohon juga berdalil bahwa ada penambahan perolehan suara sebesar 60.928 kepada Caleg Partai Golkar Dapil XI Jatim Zainudin,” katanya.(*)


Penulis : Imron
Editor : Nurul Hijriyah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar