Kunci Sukses Ajarkan Si Kecil Bersikap Baik Pada Orang Lain

Avatar of PortalMadura.Com
Kunci Sukses Ajarkan Si Kecil Bersikap Baik Pada Orang Lain
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajarkan sikap baik pada harus dilakukan sejak usia dini. Hal ini karena kebiasaan baik akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif, emosional dan fisik anak.

Semua kebiasaan yang diajarkan pada anak akan membuat anak terbiasa melakukan hal-hal baik dengan orang di sekitarnya dan juga terbawa sampai dewasa yang akan membentuk karakter serta kepribadian anak.

Nah, berikut beberapa kunci sukses mengajarkan si kecil untuk bersikap baik pada orang lain.

Ajarkan Rasa Empati
Ajari anak untuk memiliki sikap empati atau peduli terhadap yang lain seperti memelihara  binatang, menyayangi binatang, dan mau menolong. Agar si kecil nantinya tidak egois, ajarkan dia untuk berbagi sejak kecil seperti membagi kue atau meminjamkan mainannya kepada teman, kakak atau adik.

Mulai Sikap Baik dari Hal Kecil
Dari segi tingkah laku, Moms dapat mengajari anak sopan santun dengan mencium tangan saat bersalaman dengan orang yang lebih tua, tata cara saat makan, dan menyapa orang lain. Hal-hal kecil seperti ini apabila dilakukan terus menerus, akan membentuk karakter dan kebiasaan baik pada anak.

Disiplin dengan Adil
Jika Moms memiliki lebih dari satu anak, sebaiknya disiplinkan keduanya dan jangan hanya berpihak pada salah satu anak. Biasanya, orangtua memperlakukan anak yang lebih muda lebih kurang disiplin daripada yang paling tua. Jadi pastikan Moms adil terhadap mereka.

Jadilah Teladan
Ini adalah kunci yang harus diingat, anak adalah peniru ulung. Sebagai orangtua, Moms adalah teladan untuk anak-anak. Mereka akan meniru apa yang Moms lakukan, baik atau buruk. Jika Moms ingin anak-anak mempunyai sopan santun, maka Moms adalah orang pertama yang dapat mengajarkan mereka nilai baik ini.

‘Permisi, Tolong, Terima Kasih'
Moms dapat mengajarkan anak bersikap sopan mulai dari tata bahasa mereka. Gunakan ungkapan yang sopan seperti ‘permisi', ‘tolong', ‘terima kasih', termasuk meminta izin sebelum meminjam barang orang lain. Terkesan sederhana, namun kalau tidak dibiasakan sejak dini dalam keluarga, anak akan merasa janggal apabila harus mengatakan ini kepada orang lain.

Selain itu, berikan pemahaman pada anak supaya mereka bisa memahami kondisi orang lain. Dengan memberikan pemahaman seperti itu, maka anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik dan suka menolong orang lain. (merries.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.