oleh

Ladies, Ini Tanda Diet Anda Lebih Sehat dari yang Diduga

PortalMadura.Com – Diet adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Mulai dari membatasi asupan kalori setiap harinya, berolahraga lebih rutin, mengonsumsi lebih banyak sayuran, dan lain sebagainya. Akan tetapi tidak semua orang “happy” saat menjalankan diet. Bahkan tak jarang diet hanya tinggal wacana di tengah jalan, karena lelah atau bosan. Dan hambatan terbesar melakukan diet adalah jenuh dengan makanan yang sering terasa hambar di mulut.

Namun, apakah Anda yakin diet yang telah dilakukan benar-benar sehat? Ladies, yuk simak berikut ini tanda diet Anda sehat.

Makan berdasarkan intuisi
Emma D’Arpino seorang ahli diet dan ahli gizi mengatakan, “Kita dilahirkan sebagai pemakan intuitif. Tetapi saat tumbuh dewasa, budaya diet menjauhkan kita dari hal itu. Contoh makan dengan mengandalkan intuisi adalah ketika kita melihat anak kecil maakan. Mereka akan memberi tahu orang tuanya jika lapar, kemudian memakannya dan berhenti ketika sudah kenyang,”

Makan dengan mengandalkan intuisi mampu menciptakan hubungan yang sehat antara makanan dan tubuh Anda. Selain mengarahkan untuk menghindari mengemil secara berlebihan, hal ini juga memberikan rasa puas di dalam diri.

Tahu perbedaan kenyang dan puas
Terdapat perbedaan signifikan antara kenyang dan puas. Meski kenyang, sering kali Anda merasa tidak puas. Hal ini biasanya terjadi karena Anda terlalu keras kepada diri sendiri sehingga sama sekali tidak mengizinkan makan makanan yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh.

D’Arpino menyarankan untuk tidak menukar satu makanan dengan yang lain, karena ini tidak akan “tepat sasaran” dan hanya akan membuat Anda terbayang-bayang.

Tidak mengikuti mentalitas orang diet
Tanda diet Anda sudah sehat ketika timbulnya kesadaran tentang kebutuhan asupan makanan yang cukup dan seimbang. Dengan demikian, Anda sudah tahu kapan waktunya makan, asupan yang diperlukan dan bagaimana mengolahnya untuk tetap sehat. Anda tidak lagi terkungkung degan mentalitas orang diet yang harus kelaparan sepanjang hari dan hanya makan sedikit makanan yang bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.(Liputan6.Com/Nurul)