oleh

Lakukan 4 Cara Ini agar Orang Depresi Tak Berniat Bunuh Dini

PortalMadura.Com – Banyaknya kasus bunuh diri yang terjadi akhir-akhir ini membuat sebagian orang merasa khawatir. Berbagai persoalan bisa menjadi penyebab orang bunuh diri. Mulai dari masalah keluarga, sekolah, pekerjaan, asmara, dan lain sebagainya.

Namun, banyak kasus bunuh diri yang tidak dilaporkan ke polisi karena keluarga dari korban menganggap hal itu adalah aib. Padahal dengan dilaporkan, pihak berwenang bisa mencari solusi untuk permasalahanya, sehingga kasus bunuh diri bisa dicegah dan tidak terjadi lagi.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?. Berikut 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kasus bunuh diri di lingkungan sekitar Anda:

Menjadi Pendengar yang Baik
Kesalahan yang sering kali terjadi adalah kita mendengar untuk merespon, bukan untuk mengerti. Orang-orang yang sedang depresi sering kali tidak membutuhkan saran Anda, mereka hanya ingin didengarkan.

Bersimpati atas keadaannya saat ini, sabar, tenang dan coba terima semua cerita-cerita yang mereka bagikan. Teman atau keluarga kita sedang melakukan hal yang benar dengan cara berbagi cerita ke Anda.

Anda bisa merespon cerita mereka dengan “apa yang bisa saya bantu?”, “Iya, saya mengerti”, atau “Saya selalu di sini kalau kamu butuh”. Beri tahu mereka bahwa kita benar-benar peduli akan kondisi mereka, dan mereka tidak sendiri.

Loading...

Jangan Menghakimi
Salah satu alasan banyak orang enggan bercerita mengenai kondisi mental mereka, adalah ketakutan akan dihakimi. Apapun yang mereka alami pada masa lalu, seburuk apapun itu, walaupun hal itu tidak sesuai dengan nilai moral yang Anda anut, jangan sekali-sekali menghakimi mereka.

Ambil waktu untuk mendengarkan apa yang sedang mereka rasakan. Ini bukan soal apa yang mereka sudah lakukan, namun lebih mengenai bagaimana perasaan mereka akan hal tersebut dan juga apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka.

Jangan Melakukan Bully Orang yang Sedang Depresi
Sudah sering terbukti bahwa bully sangat dapat memicu tindakan bunuh diri. Efek dari bullying terhadap perasaan dan kualitas diri dari korban sangat destruktif. Mereka akan merasa tidak bernilai, tidak dicintai, tidak diinginkan.

Letakkan diri Anda di posisi mereka. Apa kita mau dipermalukan di depan umum? Jika tidak, maka jangan lakukan itu ke orang lain.

Bujuk Mereka untuk Mendapatkan Pertolongan dari Tenaga Profesional
Jika kondisi teman atau keluarga Anda tidak juga membaik, Anda harus secara perlahan menasehati mereka untuk mendapatkan pertolongan yang serius.

Yakinkan mereka bahwa pertolongan itu ada dan juga pemikiran untuk bunuh diri itu hanya sementara. Beri tahu bahwa hidup mereka sangat penting bagi Anda dan juga keluarga. (vemale.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar