Lakukan 4 Hal Ini Agar Opor Ayam Tak Cepat Basi

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 4 Hal Ini Agar Opor Ayam Tak Cepat Basi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu sajian lebaran yang tidak boleh terlewatkan di meja makan, yaitu opor ayam. Biasanya, sayur wajib bagi sebagian orang ini tidak akan habis dikonsumsi dalam sehari. Beberapa hari setelah Hari Raya, opor ayam biasanya tetap setia menemani.

Maka dari itu, mengetahui beberapa cara agar opor ayam tidak cepat basi jadi terbilang penting, di mana salah satunya memuat teknik menghangatkan kembali sajian tersebut.

Baca Juga: Menu Lebaran: Opor Ayam

Berikut empat hal yang perlu dilakukan agar opor ayam tidak cepat basi:

Gunakan Santan yang Diperas dari Kelapa Tua
Disarankan menggunakan kelapa tua segar untuk bahan santan opor ayam. Kelapa tua yang sudah diparut bisa diperas menggunakan air hangat atau air panas. Santan dari kelapa tua yang diperas dengan air panas atau air hangat bisa mencegah perkembangan bakteri, sehingga ketika digunakan untuk opor ayam, nantinya tidak akan cepat basi.

Bumbu Halus Ditumis Sampai Benar-benar Matang
Dalam proses menumis bumbu halus, pastikan sampai aroma harumnya keluar dan bumbu benar-benar matang. Tingkat kematangan bumbu ini juga bisa memengaruhi kualitas opor ayam agar tidak cepat basi.

Hangatkan dengan Api Kecil Tanpa Diaduk Berlebihan
Dalam proses menghangatkan opor ayam, cukup pakai api kecil saja agar kualitas santan dan daging terjaga. Selain itu, jangan diaduk berlebihan atau kalau perlu tidak usah diaduk. Sebab, kontak opor ayam dengan benda asing dikhawatirkan akan membuatnya jadi cepat basi.

Hindari Menutup Panci Setelah Opor Dihangatkan
Setelah selesai dihangatkan, biarkan panci dalam keadaan terbuka. Biarkan uap panasnya keluar dan mendingin sendiri di suhu ruangan. Bila panci langsung ditutup setelah opor dipanaskan, suhu panas malah akan terjebak di dalam dan membuat kuliner ini rentan basi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.