Lakukan 7 Cara Cerdas Ini Untuk Lindungi Smartphone dari Tangan Jahil

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 7 Cara Cerdas Ini Untuk Lindungi Smartphone dari Tangan Jahil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini android menjadi salah satu benda yang dimiliki hampir semua orang di dunia. Karena dengan barang ini semua file tentang diri, pekerjaan di kantor, foto-foto dan video atau bahkan percakapan langsung dengan keluarga bisa dengan mudah disimpan.

Namun dibalik kecanggihan smartphone android, Anda tetap harus waspada terhadap penipuan dan pencurian identitas. Seperti, Anda akan kehilangan kontak dan data-data penting. Selain itu, pencurian identitas di akun bank, tersebarnya dokumentasi pribadi secara online di media sosial. Oleh karena itu, lakukan beberapa hal ini untuk menguatkan sistem pengamanan pada perangkat android Anda. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Enkripsi Data
Mengenkripsi data yaitu mengamankan data dengan kode rahasia yang hanya diketahui oleh Anda.

Menggunakan enkripsi akan membantu meningkatkan sistem keamanan dan Anda dapat membuka enkripsi saat menggunakan jenis pengaturan di smartphone. Karenanya perlu memiliki password untuk mengakses data Anda

Mengunci Semua Aplikasi
Anda perlu mengunci semua aplikasi. Ini merupakan bagian terpenting untuk jenis aplikasi yang terdapat informasi pribadi di mana Anda tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Cari berbagai aplikasi pengunci, kemudian nonaktifkan pilihan yang memungkinkan akses sederhana dan mudah, kecuali Anda ingin ada orang tertentu yang memiliki akses tersebut.

Gunakan Sistem ​Keamanan ​​Built-In
Untuk semua jenis kuncian layar yang tersedia, mulai dari password, pin hingga ke pola untuk membuka ponsel, pastikan Anda menggunakan setidaknya satu kunci layar yang dapat ditemukan dalam pengaturan Android.

Buatlah password yang tidak mudah ditebak untuk lebih meningkatkan sistem keamanan ponsel.

Pilih Layanan VPN Terbaik
Ini merupakan hal penting untuk menggunakan VPN yang tepat untuk perangkat Android, tetapi ada begitu banyak yang sulit diakses, karenanya Anda harus mengetahui salah satu yang terbaik untuk kebutuhan khusus tersebut. Lakukan penelitian sebelum membeli, dan pastikan untuk mempertimbangkan semua pilihan dengan hati-hati.

Jangan Simpan Semua Sandi
Banyak orang menyimpan semua password mereka ke situs dan layanan online yang mereka gunakan. Jika Anda juga melakukan ini, kemudian ada orang yang mendapatkan perangkat Anda, maka mereka akan memiliki akses ke semua password Anda. Jangan pernah menyimpannya di perangkat Android Anda, khususnya untuk sandi perbankan dan aplikasi pembayaran.

Buat Beberapa Akun Pengguna
Jika Anda berbagi perangkat dengan orang lain misalnya pasangan atau anak, menjadi hal penting bahwa setiap pengguna memiliki akun pribadi mereka sendiri untuk melindungi privasi. Jika mempunyai tablet keluaran terbaru, maka Anda bisa membuat akun tamu untuk pengguna yang lainnya, seperti yang terdapat pada komputer desktop Anda.

Instal Software Antivirus
Ada perangkat lunak antivirus yang tersedia untuk perangkat Android, dan sebaiknya Anda menginstal minimal satu software antivirus di ponsel. Smartphone pada dasarnya merupakan komputer genggam, dan mereka juga punya sifat tunduk pada virus seperti yang terjadi pada komputer. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.