oleh

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Kecantikan dari dalam memang sampai saat ini masih menjadi incaran banyak orang, terutama yang peduli dengan tubuhnya. Selain bisa bertahan lebih lama, hal ini karena akan terlihat indah jika merawat tubuh menggunakan bahan alami.

Salah satu bahan alami yang jarang orang ketahui khasiatnya bagi kecantikan yaitu buah mengkudu. Mungkin Anda akan berpikiran jika para artis cantik menggunakan biaya mahal untuk perawatannya, tapi siapa sangka jika supermodel seperti Miranda Kerr menggunakan buah menggudu sebagai rahasia cantiknya.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan

Lantas, apa saja khasiat dari buah mengkudu bagi kecantikan?. Sebelum Anda mengetahui manfaat dari buah ini alangkah baiknya Anda mengetahui asal usul dari buah tersebut. Seperti apa?. Yuk simak ulasannya berikut ini:

Asal-usul Buah Mengkudu

Buah mengkudu merupakan buah yang memiliki bentuk unik dan berbau menyengat saat sudah matang. Biasanya, rasanya sedikit pahit dan kesat saat dimakan. Buah dengan nama ilmiah Morinda Citrifolia ini dikenal oleh orang-orang Polinesia sejak 2000 tahun lalu dengan sejumlah manfaatnya untuk pengobatan.

Asal usul dari buah mengkudu ini tidak terlepas dari keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik. Pada tahun 100 SM, bangsa ini pergi mengembara membawa bibit tanaman dan hewan ternak yang lantas menyebar ke beberapa wilayah, termasuk tanaman buah mengkudu.

Sebutan nama untuk buah ini di berbagai daerah Indonesia bermacam-macam, di Aceh namanya keumeudee, buah pace, kemudu atau kudu (Jawa), buah cangkudu (Sunda), buah kodhuk (Madura) dan buah tibah (Bali).

Baca Juga : 4 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Wanita

Dilansir hipwee.com yang dikutip dari healthiersteps.com, buah ini konon dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit seperti arthritis, stress atau depresi, kesulitan tidur, tumor, kanker, hipertensi, sakit kepala, kolesterol tinggi, konstipasi dan gangguan fungsi memori otak.

Di balik dari khasiatnya untuk kecantikan, buah ini juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan merawat kecantikan kulit dan rambut. Selain itu, buah mengkudu punya segudang vitamin dan mineral komplit yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak cuma bagian dalam, bagian luar tubuh pun bakal memancarkan khasiatnya.

Dengan segudang manfaat yang ditawarkan buah mengkudu ini, tidak heran Miranda Kerr begitu memujanya dan bahkan sampai menginspirasinya untuk meluncurkan produk perawatan kulit organik berbahan dasar buah mengkudu.

Ia mengaku pertama kali diperkenalkan neneknya pada khasiat buah ini sejak berusia 13 tahun. Sejak itu, Miranda mengaku tergila-gila dengan khasiat minuman ini dan menjadikannya minuman wajib setiap hari.

Kandungan Buah Mengkudu

Buah mengkudu kaya akan senyawa penting seperti xeronine, plant sterols, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, phenylalanine, magnesium, terpenoid, zat anti bakteri, scopoletin, anti kanker, xeronine dan proxeronine. Semua kandungan ini bermanfaat untuk membantu kinerja tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh, yang otomatis membuat tubuh jadi lebih sehat.

Sedangkan bagi kulit, buah mengkudu tinggi kandungan antiinflamasi, antioksidan, dan analgesik yang sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan dalam mengkudu dapat membantu melembapkan, menutrisi, melawan penuaan dini bahkan mengatasi keluhan penyakit kulit seperti jerawat, eksim dan ringworm.

Dari berbagai kandungan dan manfaat buah mengkudu bagi kulit, tidakkah Anda semakin tertarik untuk mencoba perawatan kulit dengan buah ini?.

Cara Membuat Masker Mengkudu

Miranda Kerr menyarankan agar selalu menekankan pentingnya gaya hidup sehat yang dijalani untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang tidak hanya sehat tapi juga indah.

Buat Anda yang merasa tertarik, Anda bisa mencoba membuat masker mengkudu sendiri di rumah. Resepnya mudah, yuk intip cara membuatnya berikut ini:

Caranya, siapkan 1 buah mengkudu yang memiliki tekstur lembut dan berwarna hijau keputihan. Cuci hingga benar-benar bersih, tidak perlu mengupas kulitnya. Hancurkan dengan bantuan garpu di mangkok atau dengan blender.

Kemudian, balurkan pasta buah mengkudu ke seluruh wajah hingga leher secara merata, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih, tanpa perlu cuci dengan sabun ya!. Keringkan wajah dan lanjutkan dengan pemakaian perawatan kulit seperti biasa.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan ini secara rutin 2-3 kali seminggu. Selain dijadikan masker, Anda juga bisa menyontek rahasia cantik Miranda Kerr dengan rutin mengonsumsi jus buah mengkudu. Tapi ingat perhatikan dulu aturannya.

Aturan Menggunakan Buah Mengkudu

Meskipun buah ini adalah buah alami yang kaya manfaat, tentu tetap ada aturan tertentu yang wajib Anda perhatikan. Buah mengkudu ini sangat kaya akan unsur potassium sehingga buat Anda yang menderita gangguan fungsi hati dan ginjal wajib hati-hati mengonsumsi buah ini.

Bahkan kalau bisa dihindari dulu agar tidak menyebabkan komplikasi berbahaya. Bagi Anda yang menderita kekurangan gula darah juga wajib hati-hati mengonsumsi buah ini agar tidak terkena hipoglikemia, kondisi level gula darah yang terlalu rendah.

Bagi Anda yang merasa masih tidak yakin, Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter tentang boleh dan tidaknya mengonsumsi buah ini. Mengonsumsi apapun dalam jumlah berlebihan tentu kurang baik, jadi ya sebaiknya konsumsi secukupnya dalam porsi wajar.

Untuk perawatan kulit dari luar tidak ada aturan khusus, tapi masker 1-2 kali seminggu sudah cukup membantu memberikan nutrisi dan melembapkan kulit Anda. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hepwee.com

Komentar