oleh

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Pertumbuhan si Kecil

PortalMadura.Com – Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang seringkali dijadikan sebagai bekal setelah balita diperiksa di Posyandu. Tentu saja ini bukan tanpa maksud, karena kacang hijau dipilih sebagai makanan pendamping karena kaya akan nutrisi yang ideal bagi tumbuh kembang anak.

Dilasnir dari laman Liputan6.Com, Minggu (28/6/2020) manfaat bubur kacang hijau untuk anak. Berikut penjelasannya.

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Pertumbuhan si Kecil

Sumber Vitamin dan Mineral

Manfaat bubur kacang hijau untuk anak yang pertama adalah baik untuk masa pertumbuhannya. Kacang hijau yang diolah menjadi bubur. Yang memiliki protein yang tinggi, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Tingkat protein pada kacang hijau bisa mencapai 20-40% protein. Protein pada kacang hijau dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, metabolisme, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Mencegah Anemia pada Anak

Anemia merupakan gangguan kesehatan akibat kekurangan zat besi. Tidak tercukupinya kebutuhan zat besi pada anak, akan membuat tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi kekurangan zat besi tersebut akan membuat anak mengalami anemia sehingga akan sering cepat lelah dan pucat. Apabila anak Anda mengidap anemia, tetapi Anda tak ingin terus-menerus memberinya daging merah, maka berikanlah bubur kacang hijau.

Melancarkan Sistem Pencernaan Anak

Kebutuhan serat dalam sayur dan buah-buahan sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran pencernaan anak. Namun, enggak semua akan menyukai jenis makanan sehat tersebut. Anda bisa menyiasati agar anak tetap mau menyantap makanan sehat yang kaya akan serat sehingga pencernaannya tidak terganggu akibat susah buang air besar (BAB). Maka sangat disarankan untuk memberikan bubur kacang hijau.

Memelihara Kesehatan Tulang

Di usia pertumbuhannya, sangat penting bagi anak untuk memiliki kondisi tulang yang baik. Dengan kondisi tulang yang baik, anak pun bisa melakukan banyak aktivitas sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang pandai dan juga sehat. Kacang hijau bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti susu untuk memelihara kesehatan tulang. Di dalam 100 gram kacang hijau terdapat 189 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan risiko osteoporosis.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar