oleh

9 Manfaat di Dalam Rebusan Bawang Putih untuk Tubuh Anda

PortalMadura. Com – Bawang putih tentu tidak asing buat Anda atau para kaum wanita, karena bahan ini merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak pernah ditinggalkan untuk resep masakan apapun. Bahan dapur yang satu ini juga termasuk umbi siung Asli Asia Tengah. Selain dimanfaatkan untuk penyedap rasa pada masakan, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Kandungan yang terdapat pada bawang putih di antaranya sulfur alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan sialil trisulfida, di mana dalam satu bawang putih biasanya terdapat 1-8 siung, dalam satu siung bawang putih memiliki berat sekitar 6-8 gram.

Baca Juga: 8 Khasiat Rutin Bersepeda Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat bawang putih telah dikenal sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Ciri khas baunya yang menyengat dan rasanya getir membuat sebagian orang tidak menyukainya, namun dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara rutin dengan porsi tertentu dapat membantu menyingkirkan berbagai banyak infeksi dan penyakit. Caranya, dengan merebus bawang putih tanpa campuran bahan-bahan lainnya.

Mungkin bagi Anda yang sedang dalam keadaan kurang sehat, dan mencari pengobatan dari bahan alami, rebusan bawang putih ini bisa jadi solusi.

Berikut sembilan khasiat rebusan bawang putih bagi tubuh Anda, seperti dilansir dari brilicious.brilio.net, Kamis (2/4/2020):

Mencegah Kanker

Penyakit kanker memang dianggap penyakit yang sulit disembuhkan dan belum ada obatnya. Kandungan sulfur bioaktif pada bawang putih bisa mencegah pembentukan sel kanker pada tubuh kita. Studi lain menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih rebus berisiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar.

Obat Batuk

Jika Anda mengalami batu dan tak kunjung sembuh, gunakan obat aman dan alami. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih rebus setiap hari, dapat mengatasi batuk yang Anda derita. Kandungan dalam bawang putih sangat efektif mencegah penyakit batuk. Bahkan bawang putih juga bisa mengatasi sinus. Sifat antibakteri ini dapat mengatasi penyakit flu.

Obat Flu Ringan Maupun Berat

Apabila terserang flu, kondisi badan lemah, demam, atau kepala pusing, Anda bisa mengatasinya dengan merebus bawang. Manfaat dari bawang putih rebus lainnya yaitu untuk mengatasi penyakit flu ringan maupun flu berat.

Obat Mengatasi Wasir

Penyakit wasir bisa dialami pria maupun wanita. Penyakit ini sangat tidak nyaman karena sangat mengganggu kegiatan Anda ketika sedang berada di luar rumah untuk melakukan ragam aktivitas berat. Nah solusinya dengan mengonsumsi bawang putih rebus secara teratur dalam porsi secukupnya. Konsumsi bawang putih rebus hingga penyakit terasa mulai sembuh.

Mengobati Keputihan

Selain dapat mengatasi wasir, bawang putih rebus juga dapat mengobati keputihan yang dialami perempuan. Keputihan memang tidak baik bahkan dapat menjadikan miss V menjadi gatal. Oleh karena itu, konsumsi bawang putih rebus secara rutin dapat mengatasi masalah ini. Kandungan zat antijamur, antimikroba, dan antibakteri yang terkandung dalam satu jenis umbi tersebut bisa menyembuhkan keputihan.

Sebagai Obat Asma dan Infeksi Paru-paru

Tahukah Anda bagi orang yang sering mengalami asma biasanya akan mengonsumsi bawang putih. Untuk itu salah satu manfaat dari bawang putih rebus adalah dapat mengobati asma. Selain asma bawang putih bermanfaat untuk infeksi paru-paru. Beberapa penyebab infeksi di antaranya karena kuman, bakteri atau virus yang bersarang pada paru-paru. Disarankan untuk mempercepat penyembuhan penyakit ini dengan mengonsumsi 2 siung bawang putih rebus.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Kamu yang senang beraktivitas padat di luar rumah setiap hari, pastilah kamu memerlukan kondisi stamina tubuh yang prima sepanjang hari. Bahkan terkadang membutuhkan asupan energi tambahan. Mengonsumsi bawang putih rebus secara rutin, ampuh untuk meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah menurun dan kurang semangat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat sangat berpengaruh besar bagi tubuh, sebab jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh. Menjaga kesehatan jantung sangat penting, salah satu caranya adalah rutin mengonsumsi bawang putih rebus dalam porsi secukupnya.

Untuk Mengatasi Kolesterol

Mengonsumsi bawang putih rebus setiap hari dalam porsi tepat dapat membantu mengurangi dan mencegah kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan bahwa makan sekitar 10 gram bawang putih atau 1-2 siung setiap hari. Konsumsi bawang putih rebus akan berhasil menurunkan kolesterol dalam dua bulan.

Rewriter : Rena RH
Sumber : brilicious.brilio.net
Tirto.ID
Loading...

Komentar