oleh

Ketahui 5 Manfaat Genjer Bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Manfaat genjer mungkin belum diketahui oleh kebanyakan masyarakat. Bagi sebagian orang, genjer malah dianggap sayuran yang kurang berharga. Bahkan bagi orang kota, nama genjer mungkin sedikit asing di telinga mereka.

Tanaman genjer biasanya tumbuh di areal pesawahan atau rawa di wilayah perdesaan. Tumbuhan air yang kerap kita jumpai di sawah dan rawa ini memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Genjer

Dilansir dari laman Idntimes.Com, Minggu (2/8/2020), berikut ini beberapa manfaat genjer bagi kesehatan.

Menambah Selera Makan

Adanya banyak kandungan nutrisi yang hadir dalam genjer mampu membuat napsu makan Anda menjadi bertambah. Kandungan nutrisi dalam genjer antara lain seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, lemak, vitamin B dan masih banyak lagi.

Anda bisa menjadikan genjer sebagai lalapan dengan merebusnya terlebih dahulu, atau mungkin ingin diolah menjadi pelengkap nasi.

Memperlancar Saluran Pencernaan

Bagi Anda yang mengonsumsi genjer juga terdapat manfaat lainnya yakni mampu membuat sistem pencernaan bekerja dengan lancar. Mengonsumsi genjer mampu membebaskan Anda dari masalah pencernaan seperti sembelit, tak hanya itu, juga dapat membantu tubuh Anda dalam meningkatkan metabolisme.

Genjer yang dikonsumsi dipercaya dapat membuat kadar gula darah Anda menjadi stabil. Itu semua lantaran genjer mengandung berbagai nutrisi di dalamnya, antara lain seperti serat yang sangat tinggi sehingga mampu membuat asupan gizi tubuh Anda menjadi terpenuhi.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami di Rumah

Membuat Awet Muda

Genjer juga mengandung zat besi dan juga protein di dalamnya. Diketahui adanya protein serta zat besi ini akan berperan meregenerasi ribuan bahkan jutaan sel kulit mati dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi genjer akan mampu membuat kulit Anda tetap terlihat awet muda seiring sel-selnya yang telah diregenerasi oleh zat besi dan protein. Kemudian, genjer juga memiliki manfaat lainnya yakni membantu proses penyembuhan luka seseorang jika sedang mengalaminya. Mengonsumsi genjer dengan jumlah yang cukup mampu membuat proses penggantian sel-sel kulit mati dalam tubuh menjadi sangat mudah.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat genjer bagi kesehatan tubuh selanjutnya, mampu meningkatkan stamina bagi siapapun yang mengonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein yang tinggi dalam genjer, otomatis dengan mengonsumsi genjer Anda juga akan mendapatkan sumber energi secara alami.

Sumber energi yang meningkat juga akan menghasilkan stamina dalam tubuh berjumlah tinggi pula. Ketika Anda mengonsumsi genjer dapat membantu meningkatkan stamina di dalam tubuh.

Mencegah Osteoporosis, Memperkuat Gigi dan Tulang

Manfaat berikutnya yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi genjer ini yakni menguatkan tulang serta gigi. Perlu diketahui, genjer mengandung zat protein dan mengandung kalsium dan fosfor yang pada nantinya akan bertugas membuat tulang dan gigi manusia menjadi kuat.

Kekuatan tulang yang terjaga otomatis juga akan membebaskan Anda dari risiko terserang penyakit osteoporosis pada usia dini.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : idntimes.com

Komentar