oleh

Ketahui 6 Manfaat Oregano Bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Selama ini, oregano dikenal sebagai bahan penyedap makanan. Padahal tidak hanya itu, ada beragam manfaat oregano yang sayang untuk dilewatkan. Daun oregano memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Anda perlu mengetahui khasiat dari daun oregano yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (16/10/2020) berikut manfaat daun oregano bagi kesehatan.

Meredakan Flu dan Batuk

Ternyata daun oregano dapat meredakan flu dan batuk. Cara untuk memperoleh manfaatnya dengan meneteskan minyak oregano atau memasukkan oregano kering secukupnya ke dalam air hangat. Hiruplah uapnya atau gunakan air campuran ini untuk mandi.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Mengonsumsi oregano setelah makan selama 3 bulan, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada penderita kolesterol tinggi.

iklan hari santri

Membantu Melawan Bakteri Penyebab Infeksi

Oregano mengandung senyawa yang dapat melawan bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial oregano dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa, yang dapat menyebabkan infeksi. Akan tetapi, manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Membunuh Parasit Di Usus

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak oregano selama 6 minggu dapat membantu mengurangi parasit di dalam usus, seperti Blastocystis hominis, yang dapat menyebabkan diare.

Menangkal Radikal Bebas

Selain kaya akan vitamin dan mineral, minyak esensial oregano juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidan, dapat menyebabkan tubuh tidak akan rentan terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Membantu Menyembuhkan Luka Operasi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa salep yang mengandung ekstrak oregano lebih efektif dalam menyembuhkan luka operasi dibandingkan petroleum jelly. Namun, sekali lagi, efektivitas oregano dalam hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Alodokter.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.