oleh

Manfaat Tersembunyi Temulawak

PortalMadura.Com – Indonesia merupakan salah satu negara pengahsil rempah terbesar di dunia. Karena itu Indonesia pernah dijajah negara lain. Salah satu rempah khas yang tumbuh di bumi ibu pertiwi ini yakni temulawak.

Temulawak sendiri memilki nama latin yaitu curcuma xanthorrhiza yang banyak tersebar di daerah pulau jawa.

Tamanan yang mirip dengan kunyit ini mempunyai banyak manfaat tersembunyi bagi kesehatan lho. Jadi Tak heran bila dari zaman dahulu hingga kini temulawak seringkali dijadikan bahan dasar ramuan jamu tradisional, meskipun rasanya terbilang cukup pahit ya.

Tidak hanya itu, temulawak juga berkhasiat untuk kecantikan guys. Nah, bagian tumbuhan ini yang memiliki banyak manfaat adalah rimpangnya.

Terdapat dua jenis temulawak yang sering dijumpai dan dimanfaatkan rimpangnya yaitu temulawak putih atau curcuma zedoria dan temulawak hitam (Curcuma aeruginosa Roxb).

Penasaran apa saja khasiat temulawak bagi tubuh ? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Manfaat Temulawak Putih
Tahukah Anda dalam temulawak putih atau yang sering disebut dengan temu putih ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh lho. Dikutip PortalMadura.Com dari laman manfaat.id, berikut beberapa senyawa yang terkadung di dalamnya.

Zat warna kuning khurkumin,

Kurkumol,

kurkumenol,

Isokurkumenol,

Prokurkumenol,

Kurkunadiol,

Kurdion,

Dehidrokurdion,

Furanodienon,

Isofuranodienon,

Zederon,

Furanodien,

Furanogermenon,

Edoaron,

Epikurserenon,

Isofuranogermakren,

Asam metoksisinamat,

Kurkumanolid A dan

Kurleumanolid B.

Nah banyaknya kandungan yang ada, tak heran bukan bila salah satu rempah yang hidup di banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ?

Temu ini bisa mengobati penyakit kanker, mengurangi gejala sakit maag, mengobati penyakit miom yaitu sejenis penyakit tumor jinak yang menempel pada otot dinding rahim. Biasanya sebagian besar wanita akan mengalami pendarahan sebagai gejala penyakit ini.

Dapat mencegah stress dan kecemasan berlebih. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak petroleum eter dan klorofom yang ada di temu putih mampu menghilangkan stres, kecemasan, kelainan mobilitas serta bisa mengatasi penyakit reumatik atau atheritis.

Selain itu, adanya dua kandungan tersebut bisa mengatasi iritasi pada kulit. Dapat meningkatkan keinginan untuk sering berjalan kaki, serta mengurangi pembengkakan yang terjadi pada penderita athritis.

Penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan mengonsumsi temu putih yakni mengobati penyakit TBC, asma, nyeri di dada, dan saluran pernafasan. Tidak hanya itu, tetapi juga bisa mengobati penyakit jantung koroner dan sebagainya.

Bagi pasutri, mengonsumsi temu ini juga mampu meningkatkan gairah lho.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, temu ini dapat mengatasi berbagai permasalahan kecantikan. Berikut beberapa khasiatnya untuk Anda.

Memutihkan kulit

Menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah

Mengurangi dan menyamarkan keriput

Menghilangkan sel kulit mati.

Menghilangkan jerawat. Sifatnya yang mengandung anti bakteri dan anti septik, sehingga ampuh menghaluskan kulit serta mentiadakan jerawat.

Melembabkan kulit

Mengecilkan pori-pori di wajah

Mengatasi kulit berminyak. Kandungan sebum yang ada pada temulawak putih, sehingga membuat wajah berminyak dan cenderung kusam akan lebih segar dan cerah.

Kemudian juga dapat mengatasi permasalahan rambut seperti rambut rontok, menghilangkan ketombe pada rambut, mengurangi jumlah bulu yang berlebihan pada kulit dan lain sebagainya.

Meski memiliki banyak manfaat, temulawak putih juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan lho. Penasaran ? Berikut penjelasannya.

Temu putih memang sangat baik bagi tubuh, tetapi bila mengonsumsinya secara berlebihan ada beberapa efek yang akan ditimbulkan. Di antaranya bisa merusak sel darah putih dan sel darah merah yang dapat menyebabkan penyakit anemia, menurunnya kadar gula darah dalam tubuh.

Disarankan, jangan mengonsumsi temu putih dengan obat medis, karena efeknya bisa berbahaya.

Sedangkan untuk untuk ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi salah satu jenis rempah ini, sebab dapat menyebabkan keguguran.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk berhati-hati. Karena, bila terkena terlalu banyak terkena temu, maka putih kulit akan terkena iritasi.

Mengonsumsi temu putih memang lebih sangat baik untuk kesehatan, tetapi jangan berlebihan. Bijaklah dalam menggunakannya.

Manfaat Temulawak Hitam
Tidak jauh beda dengan temu putih, temulawah hitam juga memiliki kandungan senyawa kimia yang cukup banyak seperti yang dilansir dari manfaat.co.id yakni minyak atsiri, zat pati, mineral, lemak, damar, renmin, germakrene, kordione, alkaloid, saponin, isofortungermakrene, tetrametilfrazine, kurkumin, tanin.

Temu hitam atau yang lebih dikenal dengan temu ireng juga bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut penjelasannya.

Menambah nafsu makan

Membantu mengatasi penyakit kulit

menyuburkan kandungan

Mengatasi nyeri saat haid

Pembersih darah pasksa melahirkan

Meredakan batuk dan sesak napas

Menghilangkan racun dalam tubuh

Mengobati cacingan

Sebagai penambah darah

Dapat mengatasi wasir.

Disamping itu, temu ireng juga memiliki efek samping bila digunakan dalam jangka waktu panjang. Beberapa ahli yang telah melakukan penelitian menunjukkan bahwa hal ini bisa menyebabkan kerusakan sel hati.

Zat toksik yang terkandung dalam rimpang temu ireng dan terserap oleh organ hati dapat menyebabkan penyempitan lumen pembuluh darah. Sehingga berakibat terjadinya genangan aliran darah, pada akhirnya pembuluh darah akan pecah.

Perlu Anda ketahui, pemakaian berulang selama 30 hari dapat menyebabkan nekrosis sel yang semakin berat.

Itulah manfaat dari temulawak. Ingat, meski manfaatnya banyak, tetapi sesuatu yang berlebihan hasilnya tidak akan baik. Bahkan bisa membahayakan. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Nanik Dwi Jayanti
Sumber : manfaat.id, manfaat.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar