oleh

Segudang Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Memasuki bulan Ramadhan, timun suri menjadi buah yang sangat mudah ditemukan. Sebab, banyak sekali pedagang dadakan yang menjual buah ini di berbagai tempat.

Buah yang bertekstur empuk, namun tak berair ini, biasanya diolah dengan campuran es sebagai minuman saat berbuka puasa. Selain menyegarkan, ternyata timun suri memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Kamis (30/7/2020) berikut ini beberapa manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh.

Menurunkan Risiko Kanker

Buah yang satu ini mengandung nutrisi bernama cucurbitacins yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Kandungan saponin yang terdapat pada timun suri dapat menurunkan kolesterol hinggan mencegah kerusakan metabolisme tubuh dan tentunya juga mencegah tumbuhnya sel kanker.

Mencegah Alzheimer

Manfaat timun suri salah satunya mengandung vitamin K. Vitamin K ini sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian.

Vitamin K ini juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Maka tidak lain, dengan mengonsumsi buah timun dalam takaran jumlah yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Timun suri yang memiliki tekstur lembut dan agak berserat ini, sangat bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan. Luar biasanya lagi, jika mengonsumsinya secara rutin, berbagai macam penyakit yang menyerang lambung dan usus juga dapat dicegah.

Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes

Timun suri juga bagus dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, konsumsi gula dan makanan manis yang berlebihan akan menyebabkan gula darah semakin tinggi, sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan maupun minuman.

Namun dengan kandungan karbohidrat kompleks pada timun suri, bisa membuat gula darah naik secara perlahan dan aman bagi penderita diabetes. Hal ini sangat efektif dan bermanfaat saat puasa karena lonjakan gula darah bisa saja terjadi pada penderita diabetes.

Mengeluarkan Racun Di Dalam Tubuh

Kandungan serat dan air pada timun suri juga memiliki manfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Mengonsumsi timun suri dapat menjaga organ organ penting dalam tubuh dari racun yang bersumber dari polusi serta makanan dan minuman yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini penting karena, bila racun tersebut tidak dikeluarkan, maka tubuh akan terserang berbagai macam penyakit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat timun suri bagi kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada timun suri dapat mencegah penuaan dini dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel sel tubuh. Anda bisa menikmati timun suri sebagai campuran es.

Menyehatkan Kuku dan Rambut

Timun suri juga dapat dikonsumsi untuk menyehatkan kuku dan rambut. Mengonsumsi timun suri bisa menjaga kuku supaya tidak rusak dan pecah pecah.

Sedangkan untuk rambut, bisa meningkatkan ketebalannya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki rambut tipis. Tetapi tetap saja Anda harus merawat rambut tidak hanya dengan timun suri saja.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar