oleh

Mantap! Resep Iga Goreng Penyet yang Bikin Ngiler

PortalMadura.Com – Ada banyak macam menu olahan daging yang biasa dibuat oleh ibu-ibu di rumah. Mulai dari rendang, sup daging, daging bakar, sate dan yang lainnya. Tapi di antara menu itu, sudahkah Anda membuat iga goreng penyet?.

Masakan ini memiliki sensasi yang nikmat dan lezat. Cocok dikonsumsi saat buka puasa bersama teman atau keluarga di rumah. Apalagi ada sambal penyetnya, dijamin suasana Anda akan semakin hangat. Mau tau resepnya?.

Ini dia cara membuatnya:

Bahan-bahan dan Bumbu:

400 gram iga sapi, potong
500 ml air
1 lembar daun jeruk purut
2 cm jahe, memarkan

Bumbu Halus:

3 butir bawang merah
4 butir bawang putih
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
2 butir kemiri

Sambal:

1 buah tomat, potong
1 siung bawang putih
3 cabai merah besar
2 cabai rawit
½ sdt terasi
½ sdt garam
½ sdt gula

Pelengkap:

Mentimun, daun kemangi, bawang goreng

Cara Memasak:

Rebus air hingga mendidih. Masukkan iga sapi bersama dengan jahe, daun jeruk dan bumbu halus. Aduk sampai rata. Masak dengan cara ungkep di atas api kecil hingga iga empuk dan kuah meresap pada iga hingga habis. Lalu, angkat dan tiriskan.

Kemudian, panaskan minyak dan goreng iga hingga matang kecokelatan. Angkat dan sisihkan. Haluskan semua bahan sambal pada ulekan hingga tercampur rata dan halus.

Setelah itu, tata iga di atas sambal, taburi bawang goreng dan sajikan bersama dengan nasi putih panas beserta lalapan pelengkap. Selesai, iga goreng penyet sudah siap disantap. Selamat mencoba. (duniasa.com/Putri)