oleh

Mencari Sosok Pemimpin Sumenep, Mungkinkah PKB dan PDIP Berkuasa Kembali?

Ketepatan koalisi di parlemen itu akan mempermulus dalam merumuskan arah perpolitikan Sumenep kedepan. Sebab, dari hasil Pemilu 2019 ini menjadi syarat utama untuk mengusung calon pemimpin Sumenep pada periode berikutnya.

Siapa dan dari kalangan mana yang layak untuk diusung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumenep yang akan diselenggarakan pada tahun 2020 dapat ditentukan dari komunikasi politik koalisi tersebut.

Bila merujuk pada hasil Pilkada dua periode terakhir, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dikomandani KH. Busyro Karim selalu menjadi pemenang yang bergandengan tangan dengan PDI Perjuangan.

Dua kali periode tersebut, KH. Busyro Karim menjadi Bupati dan kader PDI Perjuangan diposisi Wakil Bupati. Periode 2010-2015, posisi Wakil Bupati ditangan Soengkono Sidik (sekarang kader Demokrat) dan periode 2015 sampai sekarang ada di tangan Achmad Fauzi (kader PDI Perjuangan).

Mungkinkah PKB dan PDI Perjuangan tetap berkuasa?

Sosok politisi Sumenep yang sekaligus menyandang pengasuh sebuah pondok pesantren, KH. Busyro Karim tentu sudah terganjal aturan untuk maju kembali pada Pilkada berikutnya.

Penulis : Hartono
Editor : Hartono

Komentar