oleh

Mengenal Maskot Pilkada Sumenep 2020, Kakatua Jambul Kuning Asli Pulau Masakambing

PortalMadura.Com, Sumenep – Kakatua Jambul Kuning merupakan satu subspesies kakatua yang hanya hidup di Pulau Masakambing, Kecamatan/Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Burung Kakatua Jambul Kuning yang diperkirakan hanya tersisa sekitar 22-25 ekor pada pertengahan tahun 2018 kini dijadikan maskot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 oleh KPU Sumenep.

Baca Juga : Maskot Pemilihan Bupati, KPU Sumenep Gunakan Burung Kakatua Jambul Kuning

Status Kakatua Kecil Jambul Kuning merupakan endemik Pulau Masakambing, Masalembu, Sumenep. Keberadaannya tidak hanya satwa biasa namun burung yang dilindungi pemerintah dengan Undang-undang.

Kakatua Kecil Jambul Kuning telah masuk ke dalam daftar jenis satwa dilindungi sesuai dengan PP No 77 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Selain itu, ada aturan khusus, No. 01 Perdes 435.424.103/2009 Masakambing tahun 2009. Perdes ini mengatur dengan ketat, termasuk sanksi. Jangankan menangkap, menebang pohon sarang dan pohon pakan akan mendapat sanksi dari pemerintah desa.

Catatan perjalanan salah satu mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya, Moh. Wahyu Syafi’ul Mubarok menyebutkan, keberadaan Kakatua Kecil Jambul Kuning perlu diselamatkan dan dijaga agar tidak punah.

Secara alami Kakatua Kecil Jambul Kuning suka bersarang pada batang kayu yang telah mati dan lapuk sehingga ketika angin dan hujan rentan patah bahkan roboh sehingga membahayakan bagi induk dan anaknya sendiri.

Kakatua Kecil Jambul Kuning adalah satwa yang eksotis. Habitat tinggalnya unik karena tidak lagi di hutan atau kawasan konservasi melainkan di lahan-lahan milik warga. Target untuk meningkatkan populasinya sangat berat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Dudi Nandika dan Dwi Agustina (Konservasi Kakatua Indonesia) rentang waktu 2008-2013 yang dilakukannya di Kepulauan Masalembu, Sumenep menyebutkan, anak jenis Kakatua Kecil Jambul Kuning juga dinamakan Cacatua sulphurea abbotti.

Pada anak jenis Kakatua Kecil Jambul Kuning, ukuran tubuhnya lebih besar (40 cm) ketimbang anak jenis lainnya yaitu Cacatua sulphurea sulphurea (Sulawesi), Cacatua sulphurea parvula (Sumbawa dan Nusa Tenggara), maupun Cacatua sulphurea citrinocristata (Sumba).(berbagai sumber)

Penulis : Hartono
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE