oleh

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Melemparkan Makanan

PortalMadura.Com – Saat melatih balita untuk makan sendiri, kadang prosesnya tidak selalu sesuai dengan ekspektasi. Sering kita berharap si kecil bisa diam dan duduk tenang menikmati makanannya. Tapi kenyataannya si kecil malah melempar-lempar makanan dari piringnya. Kita sebaiknya tidak langsung marah saat anak melempar makanan dari piringnya. Meski kondisi meja makan atau piring jadi berantakan, serta makanan jadi berceceran.

Anda tidak perlu cemas, untuk mengatasi hal ini tidak harus menggunakan kekerasan. Dilansir dari laman Kumparan.Com, Kamis (15/10/2020) berikut beberapa cara agar anak tidak membuang dan melempar makanannya.

Jangan Bereaksi Berlebihan

Saat anak membuang makanan ketika makan, tandanya anak juga sedang mencari perhatian. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jangan bereaksi berlebihan ketika anak mulai melempar makanannya, tetaplah tenang dan bersikap netral.

Sebaiknya, ambil makanan yang dilemparnya, lalu katakan “Makanan letaknya di piring, bukan di lantai.” Jangan kembalikan lagi ke nampan makannya, hal tersebut untuk mengajarkan bahwa ketika sudah membuang makanan, makanan tersebut akan hilang.

Bekerjasama dengan Anggota Keluarga Lainnya

Coba ajak anggota keluarga untuk bekerjasama, untuk tetap tenang dan tidak bereaksi ketika anak mulai melempar makanan. Hal ini demi menghindari aksi melempar makanan sebagai sesuatu yang lucu.

Anda juga bisa membuat tantangan untuk melihat siapa yang paling tenang, saat menghadapi bayi Anda yang membuang makanan saat di meja makan.

Pertimbangkan untuk Tidak Memakai Baki di Kursi Bayi

Anda sebagai orang tua sebaiknya pertimbangkan untuk tidak memakai baki di kursi bayi. Tapi dorong highchair mendekat ke meja makan keluarga, ketika waktunya makan.

Hal itu akan membuat anak lebih fokus pada makanannya, lalu meminimalisir anak melihat ke lantai, dan mudah berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. Kebiasaan ini juga baik untuk mengajarkannya pola makan sehat.

Meletakkan Hewan Peliharaan di Luar Rumah

Sebaiknya letakkan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di luar rumah ketika anak seMenghentikan Kebiasaan Anak Melemparkan Makanandang makan. Jika membiarkan hewan perliharaan tetap di dalam rumah, anak Anda mungkin akan lebih tertarik memberi hewan peliharaan makan, ketimbang mengkonsumsi makanannya sendiri.

Tanda Anak Sudah Kenyang

Sebagian orang tua terkadang tidak mengenali tanda-tanda anak sudah kenyang. Seringkali Anda memaksanya untuk terus makan. Melempar makanan mungkin salah satu upaya memberi tanda, bahwa anak sudah kenyang.

Sebagai orang tua Anda perlu mengetahui tandanya dari mulai anak memalingkan pandangan dari makanan, mengatupkan bibirnya, atau mendorong makanannya menjauh. Anda juga harus memahami tindakannya tersebut, yakni dengan membiarkan anak menentukan sendiri porsi banyak makanannya.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Kumparan.Com

Komentar