Mensos Kunjungi Korban Gempa di Pulau Sapudi Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Mensos Kunjungi Korban Gempa di Pulau Sapudi Sumenep
Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Wabup Sumenep di Pulau Sapudi pasca gempa magnitudo 6,4 Situbondo, pada pukul 01:44:57 WIB, Kamis (11/10/2018). (Foto: Hartono)

PortalMadura.Com, – Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi korban gempa , Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Mensos menemui langsung para korban yang sedang menjalani perawatan di Puskesmas Gayam. Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mendampingi selama di Pulau Sapudi.

Mensos meminta Pemerintah Daerah untuk mendata kerugian para korban gempa. “Data itu silahkan laporkan ke Pemprov Jatim,” ujar Mensos.

Hasil koordinasi Mensos dengan Pemprov Jatim, semua kerugian yang disebabkan gempa akan dibantu oleh Pemprov Jatim.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menjelaskan, untuk membantu meringankan beban para korban gempa sudah diterjunkan tim dari BPBD Sumenep.

“BPBD sudah mendirikan posko korban gempa dan melakukan pendataan di lapangan bersama-sama TNI-Polri,” katanya.

Hingga sore ini, hasil pendataan BPBD Sumenep, jumlah bangunan milik warga dan fasilitas umum yang rusak akibat gempa mencapai 236 unit. Sedangkan korban luka 11 orang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana BPBD Sumenep, Abd. Rahman Riadi menjelaskan, data tersebut masih data sementara.

“Kita terus melakukan pendataan sekaligus menginventarisir rusak ringan, rusak sedang dan rusak parah,” katanya di lokasi.

Sebelumnya, tiga warga kepulauan Sapudi, Kecamatan Gayam, Sumenep meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan dampak gempa magnitudo 6,4 Situbondo, pada pukul 01:44:57 WIB, Kamis (11/10/2018).

Bangunan yang rusak akibat getaran gempa Situbondo tersebar di Desa Prambanan, Jambuir, Karang Tengah, Kaloang, Pancor, dan Desa Nyamplong, Kecamatan Gayam dan ada di Kecamatan Nonggunong Kepulauan Sapudi serta daerah lain di wilayah daratan Sumenep.

Sedangkan fasilitas umum berupa gedung Madrasah di Dusun Sumber Jati dan dua Masjid di Dusun Jambusok Desa Prambanan, Kecamatan Gayam. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.