Menu Buka Puasa: Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar Super Lezat

Avatar of PortalMadura.com
Menu Buka Puasa: Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar Super Lezat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu makanan khas Makassar yang bisa dijadikan menu buka yaitu es pisang ijo. Membuat olahan es yang satu ini tentu bisa menggugah selera buka puasa Anda.

Pasalnya, es pisang ijo ini memiliki rasa yang lezat dan segar dijamin bikin haus Anda hilang. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda penasaran?.

Berikut dan cara membuat es pisang ijo khas Makassar:

Bahan-bahan:

6 buah pisang raja ukuran besar
Sirup merah
Es serut secukupnya

Bahan kulit:

150 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
50 gr tepung terigu
200 ml santan
80 gr gula pasir
10-12 lembar daun pandan
10-12 lembar daun suji
Garam secukupnya

Bahan saus:

1/2 sdm tepung beras
75 gr gula pasir
200 ml santan
2 lembar daun pandan

Cara membuat:

Kukus pisang raja hingga matang. Angkat, sisihkan. Kemudian untuk kulitnya, daun pandan dan daun suji di iris kecil, lalu diblender dengan 50 ml air matang, setelah itu disaring, sisihkan.

Selanjutnya, siapkan wadah. Campur tepung beras, tepung sagu, tepung terigu, gula pasir, santan, serta saringan air pandan dan suji. Aduk hingga tercampur rata, lalu uleni.

Setelah itu, letakkan adonan kulit pada alas licin, seperti plastik dan giling sampai tipis dengan alat gilingan kue. Lalu pisang yang telah dikukus dan dikupas, dibungkus dengan adonan kulit yang sudah tipis sehingga menyerupai pisang dan kukus kembali hingga matang atau kulit adonan terlihat hijau tua.

Untuk Bahan Saus, daun pandan diiris dan diblender dengan air 100 ml, lalu disaring. Campur air pandan dengan gula dan tepung beras. Kukus selama 15-20 menit. Angkat dan biarkan sampai suhunya hangat.

Penyajian: siapkan piring hidang. Masukan pisang ijo ke dalam mangkuk, tuangkan saus kemudian beri serutan es dan sirup merah di atasnya. Es pisang ijo khas Makassar siap disajikan. Selamat berbuka puasa. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.