Meriahkan Hari Jadi, Disbudparpora Gelar Kontes Sapi Sonok di Pantai Slopeng

Avatar of PortalMadura.Com
Meriahkan Hari Jadi, Disbudparpora Gelar Kontes Sapi Sonok di Pantai Slopeng
Sapi Sonok

PortalMadura.Com, – Sebanyak 60 pasang sapi betina mengikuti kontes di Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (19/9/2015).

Festival itu, dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sumenep yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) setempat.

“Ini bagian dari salah satu cara mengangkat potensi wisata dan menyelamatkan budaya lokal,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Sumenep, Sufiyanto di lokasi.

Menurutnya, sapi sonok yang sedang berkembang dan digemari oleh masyarakat juga mendorong dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Sapi yang diikutkan dalam kontes sapi sonok akan mendorong pertumbuhan ekonomi, misalnya sebelum diikutkan harganya yang cuma kisaran Rp10 juta, tetapi ketika ikut kontes bisa naik menjadi Rp25 juta bahkan bisa lebih,” urainya.

Selain itu, dipilihnya Pantai Slopeng sebagai tempat kontes dalam usaha mensinergikan dua bentuk kegiatan, yakni kegiatan wisata dan kegiatan budaya, sehingga masyarakat yang berkujung ke Slopeng tidak hanya melihat pantai.

Pagelaran kontes sapi sonok tersebut sudah menjadi kalender tahunan dan diikuti oleh pemilik sapi yang tersebar diseluruh kecamatan.

“Setiap kecamatan, rata-rata ada perwakilannya 7 pasang sapi,” terangnya.(Rahman/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.