oleh

Miliki Rasa Manis Khas, Ini Keistimewaan Melon Kangean Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Melon Kangean menjadi salah satu buah asli Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang sangat diburu oleh warga setempat beberapa minggu terakhir ini. Pasalnya, buah asli Pulau Cukir itu memiliki rasa khas yang tidak dimiliki daerah lain.

Salah satu keistimewaannya, melon Kangean ini memiliki rasa manis yang berbeda. Rasa manis tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

“Melon kangean musiman ini, hanya tiga bulan dalam setahun. Wajar jika ketika sudah musim seperti sekarang banyak dicari orang,” kata salah satu pedagang melon Kangean di Sumenep, Badrul Aini, Rabu (14/8/2019).

Badrul menyampaikam, melon Kangean bisa disebut sebagai melon ajaib, sebab keluar dari teori melon pada umumnya. Melon Kangean tumbuh rata dengan permukaan laut.

“Biasanya, melon itu harus ditanam di atas 50 MDL dari permukaan laut,” jelasnya.

Selain itu, melon Kangean tidak perlu disiram dari hari pertama hingga dua bulan atau masa panen dan tanpa dipupuk. Kalau disiram dan dipupuk justru akan mati.

Loading...

“Cara tumbuh dan buahnya juga aneh. Dalam satu pohon sampai berbuah 10 hingga 15 buah. Kalau melon biasa kan hanya 2 buah satu pohon,” tuturnya.

Tingkat kemanisan mencapai di atas 17 sampai 20 brix. Brix itu tingkat kemanisan buah, padahal umumnya buah melon hanya memiliki rasa manis 12 brix.

Baca Juga : Sudah Uji Coba Lapangan, Madura FC Siap Hadapi Tuan Rumah Persatu Tuban

“Makanya, kami sebut melon Kangean ini 100 persen sebagai melon organik. Tekstur sangat luwes dan lembut, rasa sangat manis,” ujarnya.

Soal harga, tambah anggota DPRD asal kepulauan ini, melon Kangean memang lebih mahal dibanding melon biasa, yaitu antara Rp 16 sampai Rp 17 ribu per kilogram.

“Kalau melon Jawa itu harganya tidak sampai segitu. Kalau di Sumenep melon Kangean ini sudah dikenal. Bahkan di Pamekasan dan Sampang kami sudah buka Bazar, dan besok kita buka di Malang,” pungkasnya.


Penulis : Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar