Moms, Ini Loh 5 Tips Bikin Anak Semangat Belajar di Rumah

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini Loh 5 Tips Bikin Anak Semangat Belajar di Rumah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tahun ajaran baru telah dimulai, begitu juga dengan petualangan baru buah hati kita untuk menuntut ilmu di sekolah. Mengingat si kecil sudah mulai menerima pelajaran-pelajaran baru, tentunya sebagai orang tua perlu memberikan dorongan semangat agar rajin dan tidak bermalas-malasan.

Menumbuhkan semangat belajar untuk anak sangat penting karena pada zaman modern ini banyak hal yang dapat menggoda anak-anak untuk malas belajar dan lebih banyak bermain. Bagaimanapun sejak kecil belajar sangat penting sebagai modal untuk anak di masa depan. Orang tua juga bisa mengelaborasikan belajar dan bermain dengan porsi yang tepat

Berikut ini ada beberapa tips buat para bunda agar semangat belajar di rumah.

Bertanya Kondisi Anak Saat di Sekolah

Luangkan waktu untuk bertanya mengenai kondisi anak di sekolah. “Apakah menyenangkan?” Pertanyaan yang positif dapat menggugah anak untuk menceritakan hal-hal yang menarik di matanya, hal ini secara otomatis akan menumbuhkan kecintaan kepada sekolah dan belajar. Hal ini juga membuat hubungan anda dan anak anda semakin dekat.

Beri Motivasi dan Rewards

Rutin berikan motivasi baik melalui kata-kata maupun cerita-cerita yang inspiratif. Mintalah bantuan pada orang-orang sekitar anak, termasuk guru sekolah dan guru les untuk terus memberikan semangat positif. Semangat yang positif ibaratnya adalah bahan bakar untuk terus belajar.

Tak hanya orang dewasa yang bangga mendapatkan penghargaan, anak-anakpun juga begitu. Apresiasi si kecil dengan hadiah-hadiah yang menarik seperti liburan maupun mainan yang edukatif. Pajang foto-foto liburan di tempat yang disukai anak agar menumbuhkan semangat untuk belajar. Selalu berikan pujian pada si kecil atas prestasi yang ia capai sekecil apapun itu.

Pastikan Ruang Belajar yang Nyaman

Komunikasikan dengan si anak ingin ruang belajar seperti apa yang disukai? Setelah tercapai kesepakatan pastinya bunda dapat menghadirkan ruang belajar yang nyaman dan bersih agar anak juga semangat belajar. Jika ruangan anak berantakan setelah belajar, jangan memarahinya, tapi bantulah terlebih dahulu baru ingatkan untuk menjaga kerapiannya. Kalau urusan menyapu dan mengepel, Bunda bisa mengurusnya.

Membantu Pekerjaan Rumah

Ada kalanya anak kesulitan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bunda bisa menawarkan bantuan, baik itu membantu menjawab soal-soal atau membantu si anak agar bisa berpikir jernih dan bertenaga untuk mengerjakan tugas, misalnya menyiapkan makanan dan memberikan pijatan penyemangat.

Fasilitasi Kebutuhan Anak Sekolah

Lengkapi kebutuhan sekolah dan belajar anak, mulai dari tas, sepatu, dan buku-buku pelajaran. Termasuk juga, meja belajar dan mesin printer .

Mesin printer tak hanya penting buat urusan perkerjaan orang dewasa saja, tugas-tugas anak pun bisa lebih terbantu dengan kehadiran printer. Bunda juga bisa mencetak hasil-hasil jepretan foto dengan mudah dan bisa memajang di dinding kapan pun dimana pun.Mencetak, memindai, memfotokopi tugas-tugas sekolah dan pekerjaan kantor jadi lebih mudah dengan kehadiran printer pribadi di rumah. Anda bisa memilih HP Deskjet Ink Advantage, printer dengan harga terjangkau yang lengkap dan nirkabel ini didesain untuk menyesuaikan ruang gerak dan hidup Anda.

Dapat terhubung dengan cepat, mencetak lebih cepat dengan pengaturan yang mudah dari ponsel pintar atau tablet Anda. Anda pun bisa mengelola tugas pencetakan dengan mudah dan pindai dari mana saja dengan Aplikasi HP Smart App. Buka dari ponsel untuk mencetak, tanpa hambatan. (liputan6.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.