Moms, Tips Mengatur Pola Hidup Sehat Bagi Anak Penderita Obesitas

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Tips Mengatur Pola Hidup Sehat Bagi Anak Penderita Obesitas
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Obesitas tampaknya sudah tidak memandang umur, penyakit ini bisa menyerang usia anak. Seringkali kita melihat kalangan anak-anak ada yang memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan usianya. Jika orang dewasa mempunyai berat badan berlebihan, mungkin mereka bisa mengatur pola makannya dengan menerapkan diet. Tetapi apa yang terjadi jika obesitas atau berat badan berlebih ini terjadi oleh anak-anak? Apakah mereka harus melakukan diet rutin?

Sebenarnya pola diet itu cukup dilakukan oleh kalangan dewasa saja, anak-anak tidak dianjurkan diet. Lalu bagaimana mengatasi obesitas pada anak-anak? Ada beberapa tips yang bisa diterapkan pada anak-anak yang memiliki obesitas.

Diet tidak untuk anak-anak
Melakukan diet rutin tidak dianjurkan bagi anak-anak. Pada dasarnya mereka masih bisa tumbuh dan berkembang dengan masanya. Jadi yang harus mereka lakukan, hanya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan yang mereka suka, akan memberikan dampak kepada anak menjadi super aktif. Dengan melakukan pola diet yang drastis, itu hanya akan memberikan dampak lebih menyakitkan untuk anak-anak.

Diet mengurangi berat badan
Diet adalah upaya yang paling dipilih, saat sudah merasa berat badan yang berlebihan. Jika ingin berkonsul masalah berat badan, silahkan meminta dokter Anda untuk memeriksa Indeks Masa Tubuh (BMI). Jika Anda berkonsul tentang diet anak, memang ada dokter yang menyarankan hal tersebut. Boleh saja asal dengan bantuan dokter, agar penurunan berat badan anak bisa berjalan dengan sehat.

Diet berbahaya untuk anak
Jika anak-anak mengurangi kandungan kalori dan makanan bergizi, itu jelas sangat tidak baik untuk perkembangan mereka. Apalagi jika ada anjuran meminum pelangsing secara instan seperti, teh diet, pil atau obat-obatan lainnya. Itu harus dijauhkan, apalagi oleh anak-anak itu jelas sudah dilarang.

Anak-anak harus lakukan hal sehat, seperti beraktifitas yang cukup untuk menyeimbangkan energi jika memiliki asupan yang berlebih. Dan mengkomsumsi makanan sehat yang terjangkau dari orangtua.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.