oleh

Napi Rutan Sumenep Ikuti Lomba Desain Batik Tingkat Nasional

PortalMadura.Com, Sumenep – Rumah Tahanan Klas II B Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengikutkan salah satu Nara Pidana (Napi) pada lomba desain batik di tingkat nasional yang digelar oleh MENKUM HAM RI dalam rangka kegiatan bulan semarak kemerdekaan ke 72 RI 2017.

“Ada satu orang napi yang kami ikutkan lomba desain batik. Naskahnya sudah kami kirimkan ke panitia lomba tingkat nasional itu,” kata Kepala Rutan Klas II B Sumenep, Ketut Akbar, Selasa (8/8/2017).

Menurutnya, selain ikut memeriahkan semarak kemerdekaan 72 RI itu, pihaknya menginginkan penghuni rutan terus mengasah kemampuannya dibidang tertentu. Sebab, di Rutan Sumenep ini semua penghuni diberi kesempatan untuk mengasah kreatifitasnya termasuk dibidang desain batik.

Loading...

“Di Rutan ini banyak kegiatan yang dilakukan para napi dalam rangka menghilangkan jenuh mereka. Selain itu, apa yang dilakukan di Rutan bisa dikembangkan nanti saat kembali pada masyarakat,” ujarnya.

Dalam lomba yang bertajuk “Merdeka Jiwa Raga Berkarya untuk Indonesia” itu tidak hanya desain batik, tapi menciptakan lagu nasional. Namun, untuk Rutan Sumenep hanya mengikutkan satu peserta saja yakni desain membatik.

“Untuk tahun ini kami ikutkan satu lomba saja. Semoga tahun depan bisa ada peningkatan. Untuk itu kami akan terus memacu semangat para penghuni Rutan agar terus berkarya sesuai kemampuannya,” harapnya.

Di Rutan Sumenep ini dihuni oleh 220 orang, termasuk di dalamnya napi dan tahanan. Selain mengikutkan penghuni rutan di lomba tingkat nasional, pihak Rutan menggelar berbagai lomba dalam rangka Hari Kemerdekaan ke 72 RI 2017. (Arifin/Putri)



Komentar