oleh

Nikmati 10 Makanan Khas Sumenep Saat Pulang Kampung

PortalMadura.Com – Kabupaten Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura. Sumenep memilki banyak sekali wisata kuliner yang bisa dinikmati jika Anda berkunjung atau pulang kampung ke Sumenep.

Kuliner ini bisa Anda nikmati bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. Dilansir dari laman Okezone.com berikut 10 kuliner yang bisa Anda nikmati saat berwisata di sumenep.

Selamat Ibadah Puasa

Pentol Gape

Pentol gape merupakan pentol khas Sumenep yang berbahan dasar ikan laut. Rasanya yang gurih dan aroma ikan yang kuat menjadikan pentol ini memiliki ciri khas yang beda dengan pentol pada umumnya. Selain itu, untuk menikmati pentol ini harus di geprek atau gape terlebih dahulu. Alat gape ini terbuat dari besi. Sehingga makanan ini bisa dijadikan jajanan khas yang dinikmati bersama keluarga.

Soto Sabrang

Sabrang adalah singkong yang menjadi salah satu bahan utama yang dipakai dalam makanan ini. Singkong ini dicampur dengan kuah soto yang memiliki cita rasa gurih. Sehingga Anda mendapatkan karbohidrat dari singkong ini. Ditambah dengan taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng lalu dicampurkan dengan bumbu kacang yang kental membuat soto ini semakin nikmat.

Campor

Lontong campur merupakan makanan yang sangat di kenal di Kabupaten Sumenep. Makanan ini sangat cocok dinikmati di pagi hari. Sekilas makanan ini hampir sama dengan soto namun campor ini mengandung santan yang menjadikannya beda dengan soto biasanya.

Kaldu Kokot

Kaldu kokot berbahan dasar tulang sapi yang ada daging dan sumsumnya. Kaldu ini terdiri dari bahan kacang hijau atau kedelai sehingga terasa lezat dan gurih.

Kalsot

Kalsot adalah kaldu campor soto. Kuliner terdiri dari kikil sapi, tulang sapi, dan kaldu sapi. Anda bisa menikmati makanan ini bersama keluarga dan menikmati saat hujan jauh lebih nikmat.

Rujak

Rujak di Madura dikenal dengan sebutan Rojek. Rujak di Sumenep memakai bumbu kacang yang di campur dengan petis ikan, pisang batu, cuka, garam, dan gula merah. Lalu bahan lain yang digunakan seperti lontong, timun dan irisan tahu. Bahkan juga ada sayur yang direbus dan keripik singkong.

Soto Selingkuh

Soto ini memiliki nama yang unik. Soto ini dikenal sejak tahun 2000an. Soto ini disebut dengan soto selingkuh karena soto ini dicampur dengan rujak dan terdiri dari soto babat dicampur dengan sayur rebus dan timun.

Soto Campur

Soto ini merupakan soto yang dicampur dengan rujak dan kuahnya yang berbahan dasar santan membuat soto ini terasa gurih. Tambahan lontong, soun, irisan timun, dan bumbu kacang membuat Anda kenyang. Makanan ini juga cocok dinikmati saat pagi hari.

Masak Pae

Masak pae ini adalah makanan yang bercita rasa Eropa dan Cina. Kuliner ini dibuat seperti suo dengan kuah kental dan dicampur kentang panggang. Biasanya Anda menemukan makanan ini saat resepsi pernikahan. Namun Anda juga bisa menemukan makanan ini di salah satu resto di Kabupaten Sumenep.

Cake

Makanan satu ini adalah makanan yang paling banyak peminatnya. Makanan ini seperti sup dengan memakai campuran keripik kentang di atasnya. Kuahnya berisi daging ayam, lidah sapi, wortel, kembang kol, kacang polong akan menghadirkan rasa yang beda dengan makanan lain.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Okezone.Com

Komentar