oleh

Panduan Mencuci dan Keringkan Bahan Jeans yang Benar

PortalMadura.Com – Sampai saat ini celana berbahan jeans masih tidak lekang oleh waktu. Maksudnya, semakin lama kian banyak yang meminati celana jenis ini. Selain karena bisa dipadupadankan dengan berbagai pakaian, fashion item ini juga memiliki bahan yang bagus sehingga awet digunakan.

Meskipun begitu, Anda tidak lantas membiarkannya atau mengabaikan perawatannya. Sebab, selama celana itu digunakan maka harus dicuci dan dibersihkan secara berkala. Namun, sebagian orang beranggapan bahwa celana jeans tidak boleh dicuci. Benarkah demikian?.

Berbeda dengan para ahli, mereka justru sepakat bahwa jeans harus dicuci setiap tiga sampai empat kali pakai agar warna biru dan hitamnya tetap bersih, pas, dan tampak selalu baru.

Lantas, bagaimana cara terbaik menjaga kebersihannya?. Yuk simak tipsnya berikut ini:

Cara Mencuci Jeans

Dilansir Fimela.com, yang dikutip dari goodhousekeeping.com, sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci, Anda harus membalikkan jeans. Entah jeans nya sudah lama digunakan atau pun baru. Hal ini akan membantu meminimalisir abrasi yang menyebabkan warna pudar, serta keausan yang terjadi di area saku dan tepi pinggang.

Baca Juga : 3 Cara Tepat Rawat Celana Jeans Agar Awet Sepanjang Masa

Selain itu, disarankan untuk mengaitkan kancing-kancing yang ada di jeans agar mencegah tersangkut dengan barang lainnya. Pertimbangkan juga untuk menggunakan deterjen yang dirancang untuk menjaga warna jeans, air dingin, dan siklus pencucian yang cepat, serta lembut.

Loading...

Cara Mengeringkan Jeans

Saat melakukan pengeringan, pastikan untuk membalikkan jeans yang sebelumnya dicuci, keringkan pada siklus yang halus, dan pengaturan suhu rendah, kecuali jika label perawatan mengarahkan pada yang sebaliknya. Jeans akan bertahan lebih lama jika Anda mengeluarkannya dari mesin pengering dalam keadaan masih sedikit lembap.

Caranya, cukup tarik, ratakan kerutannya, gantung, dan biarkan hingga mengering. Perlu Anda ketahui, jangan lama-lama mengeringkan jeans di mesin cuci. Karena, jika berlebihan dapat menyebabkannya menyusut dan suhu yang terlalu tinggi dapat merusak spandex yang membuat jeans meregang.

Tips Lainnya

Ketika Anda mencuci jeans, usahakan untuk memberikan ruang lebih di dalam mesin cuci dan pengering. Semakin banyak pakaian di dalam mesin cuci, jahitan jeans bisa pecah.

Dengan kata lain, pakaian harus memiliki sirkulasi sehingga ketika dibersihkan atau dikeringkan secara menyeluruh tidak akan menyebabkannya kusut. Jika jeans terkena noda, bersihkan dengan segera, sebelum menunggu waktunya mencuci dengan mesin.

Anda perlu memisahkan antara jeans terang dengan gelap. Untuk menghindari transfer warna saat proses pencucian, sebaiknya Anda memisahkan jeans berwarna gelap dan terang. Hal ini juga memungkinkan untuk menghindari warna yang luntur.

Cara mengetahui apakah warna jeans luntur apa tidak, Anda perlu melakukan sedikit tes sebelum menggunakannya. Caranya, gosokkan kain putih pada jeans berwarna sangat gelap atau hitam, lihat apakah ada warna yang terlepas. Jika ada, cucilah sebanyak sekali atau dua kali sebelum memakainya.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Fimela.com

Komentar