oleh

PAW Kades Dinilai Rawan Konflik, Polres Sumenep Terjunkan Petugas Gabungan Berkekuatan Satu Batalyon

PortalMadura.Com, Sumenep – Proses pergantian antar waktu (PAW) Kepala Desa Beluk Kenek, Kecamatan Ambunten, Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang akan digelar, Senin (9/1/2017), dinilai rawan konflik.

Sedikitnya satu batalyon petugas gabungan akan disiagakan dan melibatkan Brimob Polda Jatim. “PAW Desa Beluk Kenek menjadi atensi. Sebab, sempat bergolak. Pengamanannya lebih ekstra dan kami melibatkan TNI,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Joseph Ananta Pinora, Rabu (28/12/2016).

Sementara, Camat Ambunten, Joko Sigit Supraworo, mengaku telah siap untuk menggelar PAW dan prosesnya sudah berpatokan pada aturan yang ada.

Dijelaskan, landasan PAW Kades adalah UU Nomor 6 tahun 2014, tentang desa dan PP nomor 43 tahun 2014, tentang Peraturan Pelaksana UU Desa.

Selain itu, Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 14, tahun 2016, tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa Antar Waktu Melalui Musyawarah.

“PAW Kades itu dilaksanakan tujuh hari pasca penetapan tokoh oleh panitia. Jadi, akan digelar tanggal 9 Januari 2017. Ini sudah final,” pungkasnya.(Bahri/har)