Pembangunan Masjid Ambruk Hasil Swadaya Masyarakat

Avatar of PortalMadura.Com
Pembangunan Masjid Ambruk Hasil Swadaya Masyarakat
Masjid Ambruk

PortalMadura.Com, – Pembangunan masjid Baital Mansyur di Dusun Blingih Satu Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang ambruk lantaran penyangga tidak kuat menahan beban bangunan ternyata  hasil sumbangan masyarakat.

Wafir, warga setempat mengaku, semua dana pembangunan masjid berukuran 18×16 meter tersebut seluruhnya murni hasil swadaya masyarakat sekitar.

“Tidak ada bantuan satu rupiah pun dari pemerintah, ini murni sumbangan masyarakat,” katanya kepada PortalMadura.Com di lokasi, Jumat (28/8/2015).

Menurutnya, pekerjaan masjid tersebut sudah dimulai sejak tahun 2012 dan dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan dana yang dikumpulkan dari sumbangan masyarakat dan donatur lainnya.

“Kalau misalnya dananya ada, baru pekerjaannya dilanjutkan. Demikian seterusnya mulai tahun 2012 lalu sampai sekarang,” tambah dia.

Masjid yang ambruk sekitar pukul 15.15 Wib tersebut disebabkan penyangga tiang (pelar, Madura) masjid tidak kuat menahan beban bangunan yang terdiri dari bahan cor. Sementara, tiang masjid hanya terbuat dari bata dan semen tanpa dilapisi cor.

Pada bagian atas masjid, seluruhnya tidak menggunakan bahan kayu melainkan cor. Sehingga, beban itulah yang diduga menjadi penyebab ambruknya masjid. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.