Pengemudi Mobil, Haram Lakukan 5 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Pengemudi Mobil, Haram Lakukan 5 Hal Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu alat transportasi yang saat ini banyak digunakan masyarakat. Karena kebutuhan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, menjadikan seseorang belajar untuk bisa mengemudikan mobil. Untuk itu seseorang butuh konsentrasi yang tinggi, agar tidak mengganggu pengendara yang lain dan melanggar aturan lalu lintas.

Berkendara harus menjadi prioritas utama bagi . Karena terkadang mereka lalai dengan melakukan beberapa hal yang sangt berbahaya untuk keselamatan dan keamanan berkendara. Sebagimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Garda Oto.

Berikut ini penjelasannya:

Makan Saat Mengemudi

Mengemudi sambil makan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan, karena saat makan biasanya para pengemudi lebih fokus dengan makanannya dibandingkan mengemudikan mobil.

Oleh karena itu, lebih baik menepi sebentar untuk menghabiskan makanan sebelum melanjutkan perjalanan.

Bermain Smartphone

Saat ini, penggunaan smartphone sambil berkendara menjadi hal yang dilarang dan bisa terjerat UU No. 22 tahun 2009, pasal 106 ayat 1.

Jika dilanggar akan dijerat denda maksimal Rp 750.000, dan kurungan 3 bulan seperti yang diatur pada pasal 283 UU yang sama.

Maka dari itu, berkendaralah dengan fokus dan hindari penggunaan smartphone demi keselamatan bersama. Jika ada hal darurat, cobalah untuk berhenti di tempat yang aman sebelum menggunakan smartphone.

Baca Juga: Berpakaian Seksi, Wanita asal Malang Ditangkap di Madura

Mengemudi Saat Mengantuk

Bila rasa mengantuk sudah mulai muncul, jangan paksakan diri untuk terus berkendara karena dapat berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lain. Kondisi ngantuk saat menyetir dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan bereaksi.

Berhentilah sebentar di pinggir jalan atau rest area, regangkan badan, cuci muka, atau bila perlu tidur sebentar untuk mengembalikan kondisi tubuh agar siap untuk melanjutkan perjalanan.

Bercanda Berlebihan

Baik pengemudi yang masih pemula atau pengemudi yang sudah berpengalaman hindari bercanda secara berlebihan selama mengendarai mobil, karena akan mempengaruhi respon seseorang dalam menyetir mobil.

Memakai Make-up

Menggunakan make-up saat di perjalanan ataupun saat menunggu lampu lalu lintas menjadi salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan pengemudi wanita.

Hal ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat berkendara.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.