oleh

Pengen Tetap Kurus Walau Suka Makan? Ikuti Langkah Ini

PortalMadura.Com – Memiliki tubuh langsing dan ideal merupakan impian bagi para wanita. Namun, bagi sebagian wanita yang suka makan hal tersebut merupakan impian yang sangat sulit dilakukan. Tips berikut bisa menjadi solusi Anda yang suka makan namun tetap ingin kurus.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengawali sesi makan dengan minum air putih. Segelas air putih akan segera mengisi lambung yang kosong, sehingga jatah untuk makanan menjadi lebih sedikit.

Minum satu gelas sebelum menyantap menu pembuka, satu gelas sebelum menu utama, dan satu gelas sebelum makanan penutup. Hal tersebut dapat mengontrol keinginan makan berlebih.

Untuk langkah selanjutnya, yuk simak langkah-langkah berikut ini.

1. Gunakan Peralatan Makan yang Lebih Kecil

Menurut penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan pengaruh ukuran piring dan sendok dengan porsi yang diambil.

Hasilnya, orang yang menggunakan piring dan sendok yang lebih kecil untuk makan cenderung mengambil makanan dengan jumlah yang lebih sedikit, dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan piring serta sendok ukuran normal.

Nah, melihat hasil penelitian tersebut, Anda dapat menggunakan peralatan makan yang lebih kecil untuk mengontrol asupan makanan.

2. Pesta adalah Waktu Untuk Bercengkrama

Salah satu momen ampuh untuk menggagalkan diet adalah menghadiri sebuah pesta, entah itu pesta pernikahan, pesta tahun baru, atau sekadar acara kumpul keluarga. Anda mungkin kesulitan menolak berbagai menu makanan yang sangat menggiurkan.

Mungkin Anda berfikir bahwa hal tersebut tidak dilakukan setiap hari dan kapan lagi. Namun, pemikiran tersebut sebenarnya keliru.

Tanpa kontrol diri, meski hanya satu malam, hal tersebut justru sangat memengaruhi jarum timbangan Anda. Daripada mengisi penuh acara pesta dengan agenda makan, mengapa tidak Anda gunakan kesempatan tersebut untuk bercengkrama dengan kerabat atau teman yang sudah lama tidak berjumpa?. Hubungan Anda dengan kerabat semakin akrab dan tubuhpun tetap langsing.

3. Bakar Dengan Olahraga

Ingat, bila keinginan makan sangat menggebu, Anda harus siap dengan konsekuensinya, yaitu olahraga lebih keras. Klise memang, tetapi olahraga adalah jalan keluar yang ampuh untuk membakar kalori yang masuk dari makanan Anda.

Bila sepiring pasta sudah ada dalam daftar makan malam hari ini, Anda perlu bersiap-siap untuk berolahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari, bersepeda cepat, atau aerobik selama sekitar tiga jam.

Tips diatas merupakan solusi untuk membantu Anda yang ingin tetap langsing walau makan banyak. Namun selain itu, yang harus Anda perhatikan adalah porsi dan frekuensi makan yang juga sangat menentukan keberhasilan diet. Satu lagi, jangan lupa untuk memperbanyak asupan sehat setiap hari.(Liputan6.com/Nanik)